1. Pada masa kini Siswa dituntut untuk dapat belajar setiap
saat dan bisa terjadi di manapun. Hal ini terjadi karena kemajuan teknologi
yang memungkinkan belajar jarak jauh dalam jaringan atau online. Pernyataan
diatas sejalan dengan teori belajar ….
A. Sibernetik
B. Konstruktivisme
C. Behaviorisme
D. Kognitivisme
2. Pendapat yang menyatakan bahwa pengetahuan atau
pengalaman yang baru dapat terkait dengan pengetahuan lama yang sudah ada di
dalam struktur kognitif seseorang adalah teori belajar…
A. Behaviorisme
B. Konstruktivisme
C. Kognitivisme
D. Sibernati
3. Tujuan pembelajaran yang menggambarkan proses dan hasil
belajar yang diharapkan dicapai oleh peserta didik sesuai dengan kompetensinya
dimuat dalam:
A. Silabus
B. RPP
C. Silabus dan RPP
D. SKL
4. Komponen rancangan pelaksanaan pembelajaran terdiri
dari....
A. Identitas,
kompetensi Inti, kompetensi dasar, indikator, tujuan pembelajaran, materi,
metode, media pembelajaran, sumber belajar, langkah-langkah pembelajaran,
evaluasi√
B. Identitas, kompetensi Inti, kompetensi dasar, tujuan
pembelajaran, indikator,materi, metode, media pembelajaran, sumber belajar,
langkah-langkah pembelajaran, evaluasi
C. Identitas, kompetensi Inti, kompetensi dasar, indikator,
tujuan pembelajaran, materi, metode, sumber belajar, media pembelajaran,
langkah-langkah pembelajaran, evaluasi
D. Identitas, kompetensi Inti, kompetensi dasar, indikator,
tujuan pembelajaran, materi, metode, media pembelajaran, sumber belajar,
evaluasi, langkah-langkah pembelajaran
5. Silabus dan RPP sama-sama sebagai rencana proses
pembelajaran, perbedaannya adalah sebagai berikut:
A. Silabus berisi
kompetensi dasar sedangkan rpp mengarahkan kegiatan belajar untuk mencapai
kompetensi dasar
B. Silabus bersumber dari standar isi dan standar lulusan,
sedangkan RPP bersumber dari standar kompetensi lulusan
C. RPP dibuat oleh setiap Guru, sedangkan silabus dibuat
oleh tim Guru
D. RPP dan silabus keduanya disusun oleh setiap satan
pendidikan.
6. Teknologi informasi dan komunikasi dalam pembelajaran
memiliki tiga fungsi utama yang di gunakan dalam kegiatan pembelajaran kecuali
A. Teknologi sebagai alat bantu bagi Siswa dalam
pembelajaran
B. Teknologi sebagai ilmu pengetahuan (science)
C. Teknologi sebagai bahan dann alat bantu pembelajaran
(literacy)
D. Teknologi sebagai
alat pengembangan produk
7. Bu Ani mengajak Siswa kelas V ke ladang jagung milik
petani untuk mengamati tanaman jagung yang siap di panen muda. Selanjutnya ibu
Ani memeriksa laporan hasil observasi Siswa. Dari hasil klasifikasi
kecenderungan gaya belajar Siswa di peroleh peringkat hasil belajar peringkat
terbaik dari pembelajaran berupa observasi di luar kelas menunjukkan Siswa
memeiliki kecenderungan gaya belajar berhasil baik melalui.....
A. Visual (pandangan mata)- Auditif (pendengaran)
B. Visual (pandangan mata ) - Kinestik (gerak )
C. Auditif (pendengaran )- Kinestetik (gerak)
D. Auditif Visual dan
kinestetik
8. Upaya membimbing Siswa untuk mengembang keterampilan
pengetahuan terlihat dalam upaya Guru:
A. memberi contoh penting toleransi
B. mendiskusikan
bagaimana mengubah permasalahan disekitar Siswa√
C. melatih bagaimana mempersiapkan kesehatan diri dan
lingkungan sekitar
D. melatih Siswa membuat keputusan yang diambil berdasarkan
informasi
9. Upaya Guru menggunakan hasil analisis untuk menentukan
ketuntasan belajar antara lain sebagai berikut ………
A. menentukan kreteria keberhasilan belajar
B. mengklasifikasi Siswa berdasarkan hasil capaian
belajarnya
C. mencari letak kelemahan secara umum dilihat dari kreteria
keberhasilan yang diharapkan
D. merencanakan
pengajaran remidi√
10. Kegemaran anak akan dongeng /cerita yang bersifat kritis
seperti kisah perjalanan riwayat para pahlawan dan sebagainya merupakan
ciri-ciri anak berusia……...
A. 3-5tahun
B. 6-8 tahun
C. 10-12 tahun
D. 15-18 tahun
11. Beberapa Siswa memiliki kecenderungan belajar berupa
mengerjakan soal atau tugas dengan cepat tetapi hasilnya banyak kesalahan .Gaya
belajar para Siswa tersebut adalah…….
A. implusive
B. reflektif
C. gaya berfikir terikat
D. gaya berfikir bebas
12. Hal yang mengandung makna Pancasila sebagai kaidah dasar
Negara bersifat…….
A. jujur dan adil
B. mengikat dan
memaksa
C. sementara dan selamanya
D. sebenarnya dan sejujunya
13. Penilaian yang didasarkan pada data yang mencerminkan
kemampuan yang diukur ,hal tersebut merupakan prinsip penilaian yang ……
A. Adil
B. Obyektif
C. Valid
D. Sistematis
14. Jika roda pertama berputar 3 kali, dan roda kedua
berputar 9 kali, berapakalikah roda kedua akan berputar jika roda pertama
berputar 10 kali
A. 30
B. 21
C. 27
D. 18
15. Serangkaian kegiatan yang sistematik untuk dapat
menentukan manfaat atau kegunaan suatu obyek atau program adalah ….
A. Pengukuran
B. Evaluasi
C. Penilaian
D. Penilaian
16. Seorang Siswa diminta untuk mengidentifikasi masalah
yang mereka hadapi, lalu masalah itu didiskusikan dalam kelompok untuk
mendapatkan solusinya.
Ilustasi ini berkaitan dengan perkembangan ....
A. kemampuan kognitif
B. kemampuan interaksional
C. kemampuan integrasi diri
D. kemampuan komunikatif
17. Pernyataan berikut yang menjelaskan makna istilah
kognitif adalah….
A. kemampuan berkomunikasi
B. Kemampuan untuk memecahkan masalah
C. kemampuan
berinteraksi
D. kemampuan untuk mengintegrasikan diri
18. Kemampuan berfikir untuk mengoperasikan kaidah-kaidah
logika tapi masih terkait dengan obyek-obyek bersifat konkrit merupakan
ciri-ciri kemampuan anak berusia
A. 0 - 2 tahun
B. 2 -- 7 tahun
C. 7 -- 11/12 tahun
D. 11/12/ -- 14/15 tahun
19. Menggunakan potongan sapu lidi, kelereng, globe, gambar-gambar
yang menyangkut pembelajaran IPA serta IPS sebagai media adalah sesuai dengan
tahapan perkembangan berfikir anak yang dikenal sebagai tahapan
A. Anak memahami
bilangan dan angka tetapi masih terkait dengan obyek bersifat kongkrit
(operasional konkrit)√
B. Pengamatan dan penginderaan yang intensif terhadap
lingkunganya (sensomotor)
C. Dominasi pengamatan bersifat egosentris
D. Kemampuan mengoperasikan kaidah logika yang tidak terikat
lagi dengan obyek yang bersifat konkrit (operasional formal)
20. Kemampuan peserta didik untuk membina hubungan dan
kemampuan memotivasi diri termasuk kecerdasan….
A. Kognitif
B. Sosial
C. Emosional
D. moral
21. Seorang peserta didik selalu ingin mendominasi dalam
suatu kelompok belajar. Dia tidak memberi kesmpatan anggota lain untuk
mengemukakan pendapat. Jika teman lain yang memimpin dan mengendalikan jalannya
diskusi, ia memisahkan diri dan cenderung belajar sendiri.
Peserta didik tersebut mengalami permasalahan dalam
perkembangan
A. sosial-emosional
B. kognitif
C. moral
D. spritual
22. Peserta didik telah memiliki yang memiliki moralitas
benar-benar diinternalisasikan dan tidak didasarkan pada standar-standar orang
lain. Dia mengenal tindakan moral alternatif, menjajaki pilihan-pilihan, dan
kemudian memutuskan berdasarkan suatu kode moral pribadi.
Hal ini merupakan contoh perilaku moral-spritual pada
tahapan ...
A. penalaran pascakonvensional
B. penalaran konvensional
C. penalaran prakonvensional
D. penalaran interkonvensional
_page-0001.jpg)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar