Minggu, 29 Oktober 2023

CONTOH SOAL PRE TEST ORIENTASI P3K TAHUN 2022

 


1.    ASN sebagai profesi, salah satunya berlandaskan pada prinsip Nilai Dasar. Hal

tersebut tertuang dalam…..

a.    Undang-Undang Nomor 4 Tahun 2014

b.    Undang-Undang Nomor 5 Tahun 2014

c.    Undang-Undang Nomor 4 Tahun 2015

d.    Undang-Undang Nomor 5 Tahun 2015

2.    Di bawah ini adalah dampak konflik yang terjadi dalam organisasi …

a.    Suasana bekerja dan lingkungan menjadi nyaman

b.    Pekerjaan terbengkalai

c.    Kinerja pegawai meningkat

d.    Layanan kepada Masyarakat menjadi optimal

3.    Nilai berorientasi pelayanan dijabarkan dalam ... panduan perilaku

a.    3

b.    4

c.    5

d.    6

4.    Penyusunan dan penetapan SKP termasuk dalam ….

a. Perencanaan kinerja

b. Pelaksanaan kinerja, pemantauan kinerja, dan pembinaan kinerja

c.  Penilaian kinerja

d. Tindak lanjut

5.  Untuk penetapan dan klarifikasi Ekspektasi dalam proses penyusunan SKP,  Pimpinan dan Pegawai melakukan …

a.  Perencanaan kinerja

b.  Reviu kinerja

c.  Umpan balik

d. Dialog kinerja

6. Susunan Kementerian Agama berjumlah ...

a.  11

b.  13

c.  10

d.  12

7. Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 6 Tahun 2022 mengatur tentang …

a.  Sistem Manajemen Kinerja PNS

b.  Pengeloaan Kinerja PNS

c.  Pengeloaan Kinerja ASN

d.  Penilaian Kinerja ASN

8. Rumusan eksplisit tentang kaidah-kaidah atau norma yang harus ditaati secara sukarela oleh para pegawai di dalam organisasi publik ...

a.  Tata kelola dan etika dalam organisasi

b.  Etika publik

c.  Perilaku ASN

d. Kode etik ASN

9. Kerjasama antara berbagai faktor dengan sedemikian rupa hingga faktor-faktor tersebut dapat menghasilkan suatu kesatuan yang luhur adalah ...

a.  Penegakan etika

b.  Kode etik PNS

c.  Pengertian harmoni

d.  Visi gotong royong RPJMN Jokowi Ma’ruf

10. Yang dimaksud dengan adaptif ialah ...

a.  Kemampuan untuk bertindak

b.  Kemampuan (ability) dalam mengatasi masalah

c.  Kemampuan untuk bersosialisasi dengan orang lain

d. Kemampuan (ability) untuk menyesuaikan diri

11. Yang dimaksud dengan berorientasi pelayanan adalah ...

a.  Bertanggung jawab terhadap kepercayaan yang diberikan

b. Memberikan pelayanan prima demi kepuasan masyarakat

c.  Saling peduli dan menghargai perbedaan

d.  Terus berinovasi dan antusias dalam menggerakkan serta menghadapi perubahan

12. Peraturan Pemerintah yang mengatur tentang Penilaian Kinerja PNS adalah ...

a.  PP No. 11 Tahun 2017

b. PP No. 30 Tahun 2019

c.  PP N. 17 Tahun 2020

d.  PP No. 19 Tahun 2019

13. Suasana harmonis dalam lingkungan kerja akan berdampak ...

a.  Secara individu menjadi tenang

b.  Produktifitas bekerja stabil

c.  Kondisi layanan berkurang

d.  Penghasilan pegawai meningkat

14. Penerapan sikap perilaku yang menunjukkan ciri-ciri sikap harmonis ...

a.  Toleransi

b.  Keterbukaan terhadap perbedaan

c.  Empati

d. Betul semua

15. Kementerian Agama yang Profesional dan Andal dalam membangun masyarakat yang saleh, moderat, cerdas, dan unggul untuk mewujudkan Indonesia maju yang berdaulat, mandiri, dan berkepribadian berdasarkan gotong royong merupakan ...

a.  Kedudukan dan tugas Kementerian Agama

b.  Nilai budaya kerja Kementerian Agama

c.  Fungsi Kementerian Agama

d. Visi Kementerian Agama

16. Yang mana kah diantara panduan perilaku berikut yang merupakan kode etik dari nilai berorientasi pelayanan?

a.  Meningkatkan kompetensi diri untuk menjawab tantangan yang selalu berubah/ KOMPETENSI

b.  Membangun lingkungan kerja yang kondusif/ HARMONIS

c.  Memahami dan memenuhi kebutuhan masyarakat

d.  d. Melaksanakan tugas dengan kualitas terbaik/ KOMPETEN

17. Dasar Hukum yang mengatur tentang Organisasi dan Kinerja adalah ...

a  PMA Nomor 19 Tahun 2019

b. PMA Nomor 42 Tahun 2016

c. PMA Nomor 6 Tahun 2022

d. PMA Nomor 72 Tahun 2022

18. Dalam rangka penilaian kinerja Pegawai, Pejabat Penilai Kinerja melakukan ...

a. Reviu kinerja

b. Monitoring kinerja

c. Evaluasi kinerja

d. Pemantauan kinerja

19. Di bawah ini termasuk peran ASN Harmonis ...

a. Berlaku transparan atas segala hal yang dilaksanakan

b. Memiliki sikap toleran atas perbedaan

c. Membantu dan mengayomi kolega PNS dan kelompok-kelompok tertentu

d. Melaksanakan tugasnya dengan berlaku diskriminatif dan harus objektif, jujur, transparan

20 Terdapat alasan mengapa nilai-nilai adaptif perlu diaktualisasikan dalam pelaksanaan tugas-tugas jabatan di sektor publik, diantaranya adalah ...

a. Perubahan lingkungan strategis

b. Kompetisi yang terjadi antar pegawai

c. Pergantian pimpinan

d. Persaingan bisnis

21. Ekspektasi kinerja yang akan dicapai oleh pegawai setiap tahun merupakan pengertian dari ...

a. Sasaran Kinerja Pegawai

b. Penilaian Kinerja Pegawai

c. Indikator Kinerja Pegawai

d. Perilaku Kinerja Pegawai

22. Di bawah ini adalah fungsi ASN, kecuali ...

a. Pelaksana kebijakan publik

b. Pelayan publik

c. Pengawas kegiatan publik

d. Perekat dan pemersatu bangsa

23. SKP adalah rencana kinerja yang memuat ...

a. Nilai kerja dan perilaku kinerja

b. Hasil kerja dan nilai kinerja PNS

c. Hasil kerja dan predikat kinerja PNS

d. Hasil kerja dan perilaku kinerja

24. Pengelolaan Kinerja ditujukan bagi Pegawai ...

a. PNS

b. ASN

c. PPPK

d. Honorer

25. Di bawah ini adalah etika ASN sebagai individu dalam organisasi dan masyarakat ...

a. Berubah dari penguasa menjadi pimpinan

b. Berubah dari penguasa menjadi pengusaha

c. Berubah dari wewenang menjadi peranan

.         d. Jabatan publik adalah perubahan dari penguasa menjadi wewenang

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Sasaran dan Komposisi Soal Asesmen Kompetensi AKGTK Madrasah Tahun 2024 Sesuai Juknis Dirjen Pendis Nomor 1176 Tahun 2024

  Berdasarkan Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama Republik Indonesia Nomor 1176 Tahun 2024 tentang petunjuk tekni...