1. Berdasarkan Rencana Strategis (Renstra) Departemen
Pendidikan Nasional tahun 2010-2014, untuk dapat memberikan pelayanan prima, salah satu
yang perlu dilakukan adalah pengembangan
teknologi informasi dan komunikasi
(ICT) yang dilakukan melalui pendayagunaan ICT
di bidang pendidikan yang mencakup
peran
dibawah
ini, kecuali .....:
a. ICT Sebagai Substansi Pendidikan,
b. Alat
Bantu Pembelajaran, Fasilitas Pendidikan,
c. Standar Kompetensi, Penunjang Administrasi Pendidikan,
d. Alat Bantu Manajemen
Satuan
Pendidikan, Dan Infrastruktur Pendidikan. e.
Pengembangan
bakat dan daya kreatifitas
siswa
Jawaban : E
2. Pemanfaatan fasilitas internet dalam pembelajaran yang
digunakan untuk berkorespondensi antara seseorang dengan lainnya di mana pun dan kapan pun meraka berada. Dengan fasilitas ini
mereka dapat saling mengirim dan menerima surat, gambar, suara, dan video. Fasilitas ini dapat pula
mengirim lampiran berupa file yang
berisi teks atau gambar. Selain itu, dengan fasilitas ini,
pengguna dapat pula mengarsipkan surat-surat yang diangap penting dengan menyimpannya pada
folder yang disediakan
untuk itu disebut dengan....
a.
Teleconverence
b. Email
c.
Website d. Chatting e.
Browsing
Jawaban
: B
3. Kegiatan guru dalam: melibatkan peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema
materi yang akan dipelajari
dengan menerapkan prinsip alam; belajar
dari aneka sumber; menggunakan beragam pendekatan pembelajaran, media
pembelajaran, dan sumber belajar lain; memfasilitasi terjadinya interaksi antar-peserta didik serta antara peserta didik dengan
guru, lingkungan, dan sumber belajar
lainnya; melibatkan
peserta
didik secara aktif
dalam setiap
kegiatan
pembelajaran;dan
memfasilitasi peserta didik melakukan per cobaan
di laboratorium, studio, atau
lapangan disebut kegiatan...............
a.
Elaborasi b. Eksplorasi c. Konfirmasi d. Browsing
e. Contextual
teaching learning
Jawaban : B
4. Salah satu contoh kegiatan guru dalam kegiatan elaborasi dalam komunikasi pembelajaran
dengan para siswa, yaitu ........
a. Memberikan umpan balik positif
dan
penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat,
maupunhadiah terhadap keberhasilan
peserta didik,
b. Menfasilitasi peserta didik melakukan kegiatan yang
menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri
peserta didik.
c. Memberikan konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber,
d. Memfasilitasi peserta didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman
belajar yang
telah dilakukan,
e. Memfasilitasi peserta didik untuk memperoleh pengalaman yang
bermakna dalam mencapai kompetensi
dasar
Jawaban : B
5. Berkomunikasi secara efektif,
empatik dan santun dengan peserta
didik dengan bahasa yang khas dalam interaksi pembelajaran yang
terbangun secara siklikal, yaitu dengan alur sebagai berikut
....
a. Memberikan pertanyaan atau tugas sebagai undangan kepada peserta didik untuk merespon; 2.
penyiapan kondisi psilogis peserta
didik 3.respons peserta didik untuk merespons;
4. reaksi guru
terhadap respons
peserta didik.
b. Reaksi guru terhadap respons peserta
didik; 2. penyiapan kondisi
psilogis peserta
didik, 3. memberikan pertanyaan atau tugas sebagai undangan kepada peserta
didik untuk merespon; 4.
respons peserta didik untuk merespons;
c. Memberikan pertanyaan atau tugas sebagai undangan kepada peserta
didik untuk merespon; 2.
respons peserta didik untuk merespons; 3. reaksi guru terhadap respons peserta didik; 4. penyiapan kondisi psilogis peserta didik
d.
Memberikan pertanyaan
atau tugas sebagai undangan kepada peserta didik
untuk merespon; 2. respons peserta didik untuk merespons;
3. reaksi guru terhadap respons peserta didik; 4. penyiapan kondisi psilogis peserta didik.
e. 1. penyiapan kondisi
psilogis peserta didik,
2. memberikan pertanyaan atau tugas sebagai
undangan kepada peserta didik untuk merespon; 3. respons peserta
didik untuk merespons;
4. reaksi guru terhadap respons peserta didik.
Jawaban
: E
6. Dalam kaitannya dengan upaya untuk
memotivasi belajar siswa
dan
agar proses pembelajaran
berlangsung efektif,
maka guru perlu
mengacu pada....
a. Metode
pembelajaran
b. Pendekatan pembelajaran
c. Strategi pembelajaran
d. Gaya pembelajaran
e. Kemampuan belajar Jawaban : C
7. Standar ketuntasan minimal
belajar (SKMB) ditentukan oleh faktor-gaktor di bawah ini ….
a. Intake
Siswa
b. Tingkat kesulitan
c.
Sarana pendukung
d. Bakat dan
Minat siswa
e. Intake siswa,
Tingkat Kesulitan
Dan Sarana Pendukung
Jawaban
: E
8. Jenis-jenis pembelajaran
dapat
diklasifikasikan sebagai
berikut:
a.
fakta, konsep, prinsip, prosedur, sikap
b. fakta, konsep, prinsip,
definisi, aksioma c. fakta,
konsep,
prinsip, definisi, prosedur
d. fakta, konsep, definisi,
aksioma, prosedur e.
konsep, definisi, aksioma,
prosedur, fungsi
Jawaban
: B
9. Untuk memudahkan penetapan materi
pembelajaran, dapat
mengacu pada rumusan….
a.
kompetensi dasar
b. standar kompetensi
c. indikator
d. metode pembelajaran
e. sumber belajar
Jawaban
: A
10. Dibawah ini merupakan pengidentifikasian materi pembelajaran yang menunjang pencapaian
kompetensi dasar :
1. potensi peserta didik, karakteristik mata
pelajaran, relevansi
dengan karakteristik daerah
2. tingkat perkembangan fisik intelektual, emosional,
sosial dan spiritual peserta didik
3. kebermanfaatan bagi peserta didik, struktur keilmuan, aktualitas, kedalaman, dan keluasan materi
pembelajaran
4. kemampuan guru dan ketersediaan
referensi
5. relevansi dengan kebutuhan
peserta didik, tuntutan
lingkungan dan alokasi waktu
6. dana yang tersedia
Dalam mengidentifikasi materi pembelajaran yang diampu,
guru harus memperhatikan antara lain
nomor….
a. 1, 2, 3, 4 b. 2, 3, 5, 6 c. 1, 2, 3, 5 d. 1, 2, 4, 5 e. 3, 4, 5, 6
Jawaban
: B
11. Upaya guru dalam memanfaatkan hasil analisis untuk menentukan ketuntasan belajar antara
lain sebagai berikut……..
a.
menentukan kriteria keberhasilan
belajar
b. mengklasifikasi
siswa berdasarkan hasil capaian
belajarnya
c. mencari letak kelemahan secara umum dilihat dari kriteria keberhasilan yang diharapkan d.
merencanakan
pengajaran
remidi
e.
mengadakan
tes remidi
Jawaban : C
12. Upaya merancang pengayaan bagi peserta didik yang mencapai ketuntasan belajar optimal tampak
dalam kegiatan guru sebagai berikut:
a.
memberikan tambahan materi
berupa sumber ajar
dari pengarang yang berbeda
b. memberikan tes tambahan
dengan
tingkat
kesukaran yang lebih
tingi
c. memberikan tambahan sumber bacaan yang lebih mendalam dan tingkat variasi yang tinggi berikut
instrumen tesnya yang sesuai
d. diberikan materi bahan ajar yang lebih tinggi tingkatannya dan pengerjaan soal-soalnya yang memiliki kesulitan tinggi
e. memberikan tambahan materi
berupa sumber ajar
dari penerbit yang berbeda
Jawaban : D
13. Dalam melakukan evaluasi proses dan hasil belajar, seorang guru perlu memperhatikan hal-
hal sebagai berikut:
a. Semua indikator ditagih dengan berbagai teknik penilaian, analisa hasil penilaian, melaksanakan program
perbaikan dan
pengayaan
b. Melaksanakan program perbaikan dan pengayaan, analisa hasil penilaian, sebagian indikator ditagih
dengan
berbagai
teknik
penilaian
c.
Analisa
hasil
penilaian, belum
melaksanakan program
perbaikan dan pengayaan,
semua indikator ditagih dengan berbagai teknik penilaian
d. Melaksanakan
hasil penilaian
dan melaksankan program
perbaikan dan
pengayaan
e. Semua indikator ditagih dengan berbagai teknik penilaian dan melaksanakan analisa hasil penilaian
Jawaban : E
14. Pada setiap akhir kegiatan pembelajaran,
guru bersama peserta didik melakukan kegian
refleksi. Hal
ini dilaksanakan untuk….
a. mengukur ketuntasan peserta didik
b. mengukur efektivitas proses
pembelajaran
c.
mengukur hal-hal yang
belum dipahami peserta didik d. menentukan
langkah-langkah pertemuan
berikutnya
e. mengetahui
materi yang belum terbahas dalam proses pembelajaran
Jawaban : B
15. Penilaian diatur
dalam
permendiknas RI Nomor
…………..
a. Permendiknas
RI
Nomor 16 tahun 2007 b. Permendiknas
RI
Nomor 20 tahun 2007 c. Permendiknas RI Nomor
41 tagun 2007 d. Permendiknas RI Nomor
13 tahun 2007 e. Permendiknas
RI
Nomor 19 tahun 2007
Jawaban
: B
16. Untuk menghindari penilaian yang subjektif dan untuk memudahkan guru dalam menilai
prestasi yang dicapai peserta didik, maka dalam penilaian ranah psikomotor guru menggunakan…. a.
soal pilihan ganda
b. soal jawaban
singkat c.
soal uraian objektif
d. kriteria
e. tes performance
Jawaban : E
17. Penilaian portofolio
dapat
dilaksanakan
dengan
cara….
a. memberikan penilaian menyeluruh
terhadap
tugas-tugas
peserta didik
b. mengumpulkan lembaran-lembaran jawaban hasil tes harian dan ulangan akhir semester tiap peserta didik
c. mengumpulkan hasil kerja masing-masing peserta didik yang telah diberikan masukan baik oleh
guru dan rekan peserta didik
dalam suatu album sebagai
bukti hasil belajar
d. mengumpulkan lembaran-lembaran jawaban hasil ulangan tiap peserta
didik untuk melihat kesulitan peserta didik dalammemahami pokokbahasan tertentu dankemudian diberikan pembelajaran dan
tes remidi
e. mengumpulkan lembaran-lembaran hasil pekerjaan tugas, gambar-gambar dan hasil ulangan
tiap
peserta didik
Jawaban : C
18. Dalam mengembangkan instrumen penilaian dan evaluasi proses dan hasil belajar, harus
memperhatikan….
a. substansi, konstruksi, bahasa
b. substansi, konstruksi, validitas, skor c.
substansi, bahasa konstruksi, skor
d. substansi, validitas, bahasa,
reliabilitas
e. substansi, konstruksi, validitas,
reliabilitas
Jawaban : E
19. Di bawah ini yang merupakan ciri
dari penilaian
kelas adalah….
a. Penentuan tujuan tes, penyusunan kisi-kisi tes, penulisan soal, penelaahan soal, perakitan soal,
analisis soal
b. Penyusunan kisi-kisi tes, penulisan kartu soal, penelaahan soal, perakitan soal, penyajian tes,
skoring, pelaporan
hasil tes
c. Belajar tuntas, penilaian otentik, berkesinambungan berdasarkan acuan norma, menggunakan berbagai
teknik
dan
instrument penilaian
d. Belajar tuntas, penilaian otentik,
berkesinambungan berdasarkan acuan kriteria, menggunakan
berbagai teknik
dan
instrument penilaian
e. Tes
tertulis, tes lisan, tes praktik atau
teskinerja, tugas proyek,
portofolio
Jawaban : D
20. Pernyatan-pernyatan di bawah
ini yang betul adalah….
a. Penilaian hasil belajar oleh pendidik digunakan untuk menilai pencapaian kompetensi peserta didik,
bahan
laporan hasil belajar, dan
memperbaiki
proses pembelajaran
b. Penilaian hasil belajar oleh pendidik dilaksanakan dalam bentuk penugasan, ulangan harian, ulangan
akhir semester,
ulangan
kenaikan
kelas, ujian sekolah
c. Penilaian hasil belajar oleh satuan pendidikan dilakukan untuk menilai
pencapaian kompetensi
peserta didik
pada semua mata pelajaran
dan tanpa memperhatikan
hasil penilaian
oleh pendidik d. Kriteria kelulusan Ujian Nasional (UN) dikembangkan oleh BSNP dan ditetapkan dengan surat keputusan kepala satuan pendidikan
e. Ujian sekolah mencakup semua mata pelajaran kelompok IPTEK, agama dan akhlak mulia, kewarganegaraan dan
kepribadian
Jawaban
: A
21. Untuk memperoleh penilaian hasil belajar yang baik meliputi aspek….
a.
kepribadian, kognitif, afektif
b. kognitif, kepribadian, psikomotor
c. afektif,
kognitif, mental
d. kognitif, psikomotor,
afektif e.
psikomotor, kognitif, minat
Jawaban
: D
22. Upaya guru dalam memberikan kesempatan kepada siswa untuk merefleksikan
pengalaman
belajar yang telah
dialami yang paling optimal adalah dengan cara….
a.
guru
memberikan tes atau
pekerjaan
rumah setiap
akhir pelajaran
b. guru
menggunakan
pertanyaan terarah maupun pertanyaan bersifat
penelusuran saat pembelajaran berlangsung
c. guru mewawancarai tiap siswa tentang capaian atau masalah belajar
yang dihadapi siswa dalam
belajar
d. guru menugaskan
siswa
untuk menuliskan kesulitan siswa
dalam belajar
Jawaban
: D
23. Penilaian proses secara berkesinambungan oleh
guru dapat dilakukan dengan
cara…..
a. memberikan penilaian terhadap aktivitas, tahap kemajuan dan hasil kerja siswa dari proses
belajar di kelas maupun di luar kelas.
b. memberikan pre test maupun pos test secara tertulis
setiap kali proses pembelajaran c.
mengadakan
ulangan harian
rutin secara terjadwal
d. mengadakan
ulangan harian
tanpa pemberitahuan terlebih
dahulu kepada siswa
e. mengadakan
ulangan tengah
semester dan akhir semester
Jawaban
: B
24. Penilaian merupakan salah satu proses penting dalam penilaian. Prinsip-prinsip penilaian yang
harus dipedomani adalah penilaian
harus dilaksanakan
secara….
a. sahih (valid), adil, terbuka, bermakna, menyeluruh, terpadu, berkesinambungan, objektif,
efisien dan efektif,
sistematis, akuntabel
b. terbuka, bermakna, adil, sahih (valid), efisien dan efektif, menyeluruh, terpadu, akuntabel,
menggunakan acuan
norma
c.
sahih (valid), adil, terbuka, bermakna, objektif dan
efisien, berkesinambungan,
terpadu,
menyeluruh
d. terbuka, adil, bermakna, menyeluruh, objektif,
efektif dan efisien, terpadu, berkesinambungan, adil
e.
sahih (valid), adil, objektif, terbuka, bermakna,
menyeluruh,
berkesinambungan, terpadu, sistematis,
menggunakan acuan kriteria, akuntabel
Jawaban : E
26. Sebelum merumuskan tujuan pembelajaran, hal yang harus dilakukan adalah
:
a. Menentukan alat/bahan/
sumber
belajar yang digunakan
b. Menyusun
kriteria penilaian, lembar pengamatan, contoh
soal, teknik penskoran
c. Mengidentifikasi materi ajar berdasarkan materi pokok/
pembelajaran yang terdapat dalam silabus.
d. Menentukan metode
pembela-jaran yang akan digunakan
e. Menentukan
SK, KD, dan Indikator yang akan digunakan ( terdapat pada silabus yang telah disusun)
Jawaban : B
27. Dalam
merumuskan tujuan pembelajaran
hal
yang perlu
diperhatikan
adalah :
a. Alokasi
waktu yang dibutuhkan
untuk pertemuan yang telah ditetapkan
b. SK,
KD, dan Indikator
yang akan
digunakan ( terdapat pada silabus yang telah
disusun)
c. Alat/bahan/ sumber belajar yang digunakan
d. Kriteria penilaian,
lembar pengamatan,
contoh soal, teknik
penskoran
e. Identifikasi
materi ajar berdasarkan materi
pokok/ pembelajaran yang terdapat dalam
silabus
Jawaban : B
28. Sejumlah kemampuan yang harus dimiliki peserta didik dalam mata pelajaran tertentu
sebagai rujukan untuk menyusun indikator
kompetensi adalah :
a.
Standar Kompetensi b. Kompetensi Dasar
c.
Kompetensi Dasar Mata Pelajaran
d. Kompetensi
e. Standar Kompetensi Lulusan
Jawaban : C
29. Kualifikasi kemampuan
minimal peserta didik yang menggambarkan penguasaan sikap, pengetahuan, dan keterampilan yang
diharapkan dicapai pada setiap tingkat dan/atau semester
untuk mata pelajaran tertentu
adalah :
a.
Standar Kompetensi b. Kompetensi Dasar
c.
Standar Kompetensi Mata Pelajaran
d. Kompetensi
e. Standar
Kompetensi Lulusan
Jawaban : B
30. Dalam mengembangkan penilaian hendaknya memperhatikan prinsip berikut ini, KECUALI ..
a.
Memandang penilaian dan kegiatan pembelajaran secara terpadu, sehingga penilaian berjalan
bersama dengan
proses pembelajaran
b. Mengembangkan
tugas penilaian yang bermakna, terkait langsung dengan kehidpan
nyata
c. Mengembangkan berbagai strategi yg mendorong dan memperkuat penilaian sebagai cermin diri
d. melakukan berbagai strategi penilaian di dalam program pembelelajaran untuk menyediakan berbagai
jenis
informasi tentang hasil belajar
e.
Melakukan penilaian kelas secara
acak terhadap SK dan
KD Jawaban
: E
31. Menerapkan suatu prinsip (applying a principle), membuat model (model building), mengevaluasi (evaluating) , merencanakan (planning), memperhitungkan / meramalkan
kemungkinan (extrapolating),
meramalkan (predicting),
menduga / mengemukan pendapat / mengambil kesimpulan (inferring) temasuk Klasifikasi Kata
Kerja Operasional
Sesuai dengan Tingkat Berpikir
a. Berhubungan dengan mencari
keterangan
(dealing with retrieval)
b. Memproses (processing):
c.
Menerapkan dan Mengevaluasi d. Perilaku yang Kreatif
e. Perilaku-perilaku Kompleks, Masuk Akal, dan bisa mengambil /pertimbangan /keputusan
(complex, logical, judgmental behaviors)
Jawaban
: C
32. Dalam
mengembangkan indikator hendaknya :
a. Urutan
berdasarkan
hierarki konsep disiplin ilmu
dan/atau tingkat
kesulitan
materi
b. Adanya keterkaitan antar standar
kompetensi dan kompetensi dasar dalam
mata
pelajaran;
c. Adanya keterkaitan
standar kompetensi dan kompetensi dasar
antarmata pelajaran.
d. Sesuai dengan karakteristik peserta didik, mata pelajaran, satuan pendidikan, potensi daerah dan
dirumuskan dalam kata kerja operasional yang terukur dan/atau
dapat diobservasi
e. Memperhatikan rujukan, objek,
dan/atau alat/bahan yang digunakan untuk
kegiatan
pembelajaran.
Jawaban : D
33. Mengsintesisikan (synthesize),
mengelompokkan
(group), menjelaskan (explain), mengorganisasikan
(organize),
meneliti /melakukan eksperimen (experiment),
membuat analog
(make analogies),
mengurutkan (sequence)
temasuk Klasifikasi
Kata Kerja Operasional
Sesuai dengan Tingkat Berpikir
a. Berhubungan dengan mencari
keterangan
(dealing with retrieval)
b. Memproses (processing):
c.
Menerapkan dan Mengevaluasi d. Perilaku yang Kreatif
e. Perilaku-perilaku Kompleks, Masuk Akal, dan bisa mengambil /pertimbangan /keputusan
(complex, logical,
judgmental
behaviors) Jawaban
: B
34. Dalam
menentukan materi pokok (lesson content) hendaknya mencakup sebagai berikut
:
a. Berisikan
pengetahuan, ketrampilan, dan sikap atau fakta, konsep, prinsip, dan prosedur yang harus
dipelajari siswa dalam
rangka menguasi
standar kompetensi
dan kompetensi dasar.
b. Berisi garis besar model, pendekatan,
strategi, metode, atau teknik pembelajaran yang
digunakan yang memungkinkan siswa aktif berpartisipasi dalam kegiatan pembelajaran,
termotivasi, menaruh minat, tertantang
untuk menemukan sendiri pengetahuan, pengalaman, dan
ketrampilan yang harus
dikuasai.
c. Berisi bagaimana proses
dan hasil belajar akan dievaluasi atau
dinilai.
d. Berisi alokasi waktu yang diperlukan untuk mempelajari
setiap standar kompetensi. e. Berisi bahan
rujukan
(literature) dan sumber
belajar lainnya.
Jawaban : A
35. Dalam mengidentifikasi materi pembelajaran yang menunjang pencapaian standar kompetensi
dan kompetensi dasar hendaknya mempertimbangkan berikut
ini, KECUALI
a. Potensi
peserta didik;
b. Tingkat perkembangan fisik, intelektual, emosional,
sosial, dan spiritual peserta didik ;
c. Kebermanfaatan
bagi pendidik/guru;
d. Aktualitas, kedalaman dan
keluasan materi pembelajaran;
e.
Relevansi dengan kebutuhan peserta didik dan
tuntutan lingkungan, khususnya dunia kerja; Jawaban : C
36. Kurikulum dikembangkan berdasarkan prinsip bahwa peserta didik memiliki posisi sentral
untuk mengembangkan kompetensinya agar menjadi manusia
yang beriman dan bertakwa kepada
Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri dan menjadi warga
negara yang demokratis serta
bertanggung-jawab
Pernyataan
tersebut
diatas sesuai
dengan prinsip pengembangan
kurikulum :
a.
Tanggap
terhadap
perkembangan
ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni
b. Relevan dengan kebutuhan kehidupan
c. Menyeluruh dan berkesinambungan d. Beragam
dan terpadu
e. Berpusat pada potensi,
perkembangan, kebutuhan,
dan kepentingan
peserta
didik dan
lingkungannya
Jawaban
: E
37. Pengembangan kurikulum
dilakukan dengan melibatkan pemangku
kepentingan (stakeholders) untuk menjamin relevansi pendidikan dengan
kebutuhan kehidupan,
termasuk di
dalamnya kehidupan
kemasyarakatan,
dunia usaha/industri dan
dunia kerja.
Pernyataan
tersebut
diatas sesuai
dengan prinsip pengembangan
kurikulum :
a.
Tanggap
terhadap
perkembangan
ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni
b. Relevan dengan kebutuhan kehidupan
c.
Menyeluruh
dan
berkesinambungan
d. Beragam dan terpadu
e.
Berpusat
pada
potensi, perkembangan,
kebutuhan, dan
kepentingan peserta didik
dan lingkungannya
Jawaban : B
38. Dalam
menentukan tujuan khusus pembelajaran hendaknya
memperhatikan berikut
ini, KECUALI:
a. Tujuan khusus pembelajaran (objective) yang relevan dengan standar kompetensi/kompetensi dasar.
b. Tujuan khusus pembelajaran berisikan
perumusan tentang pengetahuan, ketrampilan dan sikap yang diharapkan
dikuasai siswa setelah melaksanakan
kegiatan pembelajaran( learner
oriented).
c. Tujuan
khusus pembelajaran bisa menyangkut
aspek
kognitif, psikomotorik, maupun afektif.
d. Dalam merumuskan tujuan khusus pembelajaran perlu digunakan kata-kata yang
operasional yaitu
kata-kata yang teramati
dan terukur (observable and
measurable).
e. Menentukan rincian materi (fakta, konsep, prinsip,
prosedur) yang relevan dalam rangka mencapai tujuan
pembelajaran.
Jawaban : D
39. Merumuskan tujuan pembelajaran
dilakukan
a. Setelah menentukan SK,
KD,
dan Indikator yang akan digunakan yang terdapat pada
silabus
yang telah
disusun
b. Setelah mengidentifikasi materi ajar berdasarkan materi pokok/ pembelajaran yang
terdapat
dalam silabus.
c. Setelah
menentukan metode pembela-jaran yang akan digunakan
d. Setelah merumuskan langkah-langkah pembelajaran yang terdiri dari kegiatan awal, inti, dan akhir.
e. Setelah
menentukan alat/bahan/
sumber
belajar yang digunakan
Jawaban : A
40. Dalam menentukan rencana implementasi kegiatan pembelajaran perlu memperhatikan hal berikut,
KECUALI ………..
a. Tentukan
model, pendekatan, strategi, metode, teknik pembelajaran yang memungkinkan siswa
berpartisipasi aktif dalam kegiatan
pembelajaran.
b. Strategi yang dipilih hendaknya menantang, memotivasi, mendorong
minat siswa untuk secara mandiri menemukan sendiri pengetahuan, ketrampilan, dan sikap yang
harus dikuasai (student centered
learning).
c. Beberapa pendekatan yang
dapat dipergunakan antara lain pembelajaran kontekstual,
konstruktivisme, pembelajaran
pemecahan
masalah,
pembelajaran individual, pembelajaran
kooperatif, metode proyek, penugasan,
dsb.
d. Menentukan rincian materi (fakta, konsep, prinsip,
prosedur) yang
relevan dalam rangka
mencapai tujuan pembelajaran.
e. Tentukan rencana kegiatan yang perlu dilakukan guru (menyiapkan, memotivasi dan menarik perhatian siswa, manyajikan materi pelajaran baik secara suksesif
maupun simultan menggunakan
berbagai media
dan
metode dengan menerapkan prinsip perulangan, menugasi, memberikan umpan balik, memberikan
tes, dan menentukan tindak lanjut (remedial
dan pengayaan).
Jawaban
: D
41. Guru profesional
dituntut memahami karakteristik
peserta didiknya agar
dapat
mencapai
hasil yang optimal.
Hal
ini merupakan implementasi dari:
a.
Kompetensi Kepribadian b. Kompetensi Profesinal
c.
Kompetensi Pardagogik
d. Kompetensi Sosial
e. Kompetensi
Akademik
Jawaban : C
42. Salah satu kegiatan guru untuk mengetahui tingkatan penguasaan kompetensi prasyarat peserta didik
adalah
.....
a. Melatih
siswa mengerjakan soal
ujian nasional.
b. Mengidentifikasi siswa yang mampu berbahasa Inggris. c.
Melakukan kegiatan pre test
d. Melakukan post test.
e.
Melakukan ulangan harian dadakan atau
spontanitas. Jawaban
: C
43. Perhatikan
pernyataan-pernyataan berikut
:
1. Hindari
saran dan
pernyataan
negatif yang dapat melemahkan semangat
belajar siswa.
2. Ciptakan
situasi kompetitif antar sesama siswa secara sehat.
3. Jatuhkan hukuman
dan sanksi yang berat atas kelalaian dan ketidaktaatan siswa yang melanggar.
4. Berikan penghargaan yang tulus terhadap peringkat kelas.
Dari pernyataan tersebut di atas yang dapat digunakan untuk mengatasi kesulitan belajar siswa
yang memiliki
motivasi dan minat belajar rendah, adalah
pernyataan
:
a. 1 dan
2 b. 1 dan 3 c. 2 dan 3 d. 3 dan 4 e.
1 dan 4
Jawaban : A
44. Pada setiap awal tahun pelajaran setiap guru
membuat peta Kompetensi Dasar
untuk menentukan Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM)
mata pelajaran.Dalam menentukan
ketuntasan minimal
setiap KD harus memperhatikan Intake Siswa.
Pernyataan berikut yang BUKAN
faktor
utama
untuk menentukan Intake
siswa adalah ....... a.
Data hasil seleksi
Penerimaan
Siswa Baru.
b. Nilai rapor
kelas sebelumnya.
c.
Tes seleksi masuk atau hasil tes psikologis. d. Nilai ujian Nasional bagi jenjang SMP.
e. Data
pengelompokan sosial ekonomi orang tua
Jawaban : E
45. Pak Dedi menemukan kasus kesulitan belajar yang dialami oleh siswanya ternyata disebabkan cara belajar yang
salah. Langkah yang paling
tepat dilakukan untuk mengatasi kesulitan belajar tersebut adalah....
a.
Berikan
kesempatan kepada siswa
bersangkutan
untuk
mendikusikan aspirasinya secara rasional.
b. Tunjukkan akibat atau dampak cara belajar yang salah terhadap
prestasi belajar
c. Ciptakan iklim sosial yang sehat
antar guru dengan
siswa
di dalam kelas.
d. Berikan kesempatan memperoleh pengalaman yang menyenangkan atau memperoleh sukses
dalam belajar.
e.
Ciptakan suasana yang kondusif sehingga tercipta
kreatifitas siswa.
Jawaban
: B
46. Perhatikan
pernyataan berikut
:
1. Faktor
–faktor
situasi
yang tidak
kondusif yang dialami siswa
2. Kapasitas belajar
(tingkat
kecerdasan ) umum terbatas/rendah
3. Kapasitas belajar
(bakat) khusus tak sesuai dalam
bidang tertentu.
4. Populasi
siswa di dalam kelas terlalu
besar.
Pernyataan di atas yang merupakan faktor penyebab kesulitan belajar yang bersumber dari dalam
diri siswa adalah pernyataan....
a. 1 dan
2 b. 1 dan 3 c. 2 dan 3 d. 3 dan 4 e.
4 dan 2
Jawaban
: C
47. Agar peserta didik dapat mengembangkan potensi sesuai bakat dan minat, maka sekolah dalam
memfasilitasi pengembangan diri melalui kegiatan
ekstrakurikuler. Kegiatan tersebut harus
memiliki fungsi ....
a. Penyaluran, pengembangan, edukatif, rekreatif dan religius.
b. Penyaluran,
pengembangan, edukatif,
rekreatif-kreatif,
prestasi
c.
Penyaluran,
pengembangan, edukatif,
rekreatif-kreatif,
prestasi
dan ekonomis. d. Prestasi,
rekreatif
–kreatif, edukatif,
dan produktif.
e.
Prestasi,
pengembangan, edukatif, dan
ekonomis. Jawaban : B
48. Agar potensi peserta didik dapat berkembang secara optimal, maka
dalam kegiatan pengembangan diri dapat difasilitasi melalui Bimbingan Konseling dan
Kegiatan Ekstrakurikuler.
Dalam KTSP kegiatan
pengembangan
diri yang diampu melalui Bimbingan Konseling meliputi 4 hal
ialah
:
a. Layanan pribadi,
sosial, belajar dan intelegensi. b.
Layanan
pribadi,
sosial, karir dan intelegensi.
c. Layanan
pribadi, sosial, karir dan belajar
d. Layanan pribadi, sosial,
intelegensi dan belajar.
e.
Layanan sosial, karir,intelegensi dan belajar. Jawaban : C
49. Pembelajaran bermakna memerlukan usaha yang sungguh-sungguh dari siswa
untuk menghubungkan konsep
baru dengan konsep relevan yang telah dimiliki sebelumnya.
Usaha guru untuk mengetahui konsep awal yang dimiliki siswa adalah
dengan
. . .
a.
siklus belajar b. peta konsep
c.
pembelajaran konsep
d. struktur kognitif
e. pemrosesan informasI
Jawaban
: B
50. Manakah diantara pernyataan berikut yang TIDAK SESUAI dengan model
konstruktivis dalam mengajar?
a.
Menyiapkan
benda-benda nyata untuk dimanfaatkan siswa belajar.
b. Mengajarkan
siswa untuk saling berinteraksi.
c. Membiasakan
siswa
berpikir dengan
cara mereka sendiri. d. Memberi tugas
siswa untuk menghafal
konsep tertentu*. e. Menjelaskan
suatu
konsep secara detail.
Jawaban
: D
51. Pembelajaran kontekstual dianggap pembalajaran yang bersifat mendidik,
hal itu disebabkan karena karakteristik
pembelajaran
tersebut adalah .
. .
a.
membangkitkan
minat
siswa
b. merangsang siswa lebih
aktif belajar c. memberi kesempatan siswa berkreasi
d. membiasakan siswa
belajar sesuai dengan lingkungan
e. menantang siswa untuk
selalu belajar
Jawaban
: D
52. Indikator dalam
RPP
dikembangkan berdasarkan . . . a.
standar kompetensi.
b. kompetensi dasar
c.
materi pembelajaran.
d. strategi pembelajaran. e.
metode pembelajaran.
Jawaban
: B
53. Bagaimana pendapat
saudara
bila menjumpai seorang rekan guru di sekolah
yang menggunakan televisi sekolah
untuk pembelajaran bahasa?
a.
Setuju karena dapat
melatih
siswa mengamati gerak
bibir presenter.
b. Sangat setuju
karena televisi adalah
media pembelajaran yang menyenangkan. c.
Kurang setuju karena acara televisi
sering tidak atau
kurang mendidik.
d. Setuju dan tidak setuju bergantung pada kompetensi yang
hendak dicapai dalam
pembelajaran e.
Sangat tidak
setuju karena dapat
memecah perhatian siswa
dalam mengikuti pembalajaran. Jawaban : D
54. KTI
hasil penelitian
tindakan kelas
(PTK)
makin
banyak
dipakai sebagai kegiatan
pengembangan
profesi guru, hal ini
karena…………, KECUALI ……………..
a. Para guru
memahami bahwa salah satu tujuan kegiatan pengembangan profesi, adalah
dilakukannya kegiatan
nyata
di kelasnya. Dan ditujukan untuk meningkatkan
mutu
proses dan hasil pembelajarannya. Bagi sebagian
besar guru,
melakukan kegiatan seperti itu,
sudah biasa dilakukan
b. Kegiatan PTK, harus dilaksanakan dengan menggunakan kaidah-kaidah ilmiah, karena hanya dengan cara itu, mereka akan
dapat mengembangan
profesinya.
c. Kegiatan PTK dapat berupa pelaksanaan penelitian tindakan di dalam kelas yang diyakini makin
layak untuk menjadi prioritas pada kegiatan pembelajaran, tindakan yang dapat dilakukan untuk
meningkatkan mutu pembelajaran adalah dengan “menguji atau menerapkan” hal-hal baru” dalam
praktik pembelajarannya.
d. Banyak inovasi baru dalam pembelajaran, terutama
dalam praktik pembelajaran (misalnya penerapan teori konstruktivistik dalam upaya mendukung pelaksanaan KBK) memerlukan verifikasi maupun
penerapan
dalam proses pembelajaran.
e. Sebagian besar guru yang telah
mencapai golongan IV/a ke atas
Jawaban : E
55. Standar Nasional
Pendidikan Republik Indonesia
terdapat dalam
…….
a.
Undang-Undang Nomor 20 Tahun
2003 b. Permendikan Nomor 22
Tahun 2006
c.
Permendiknas Nomor 23 Tahun 2006 d. Permendiknas Nomor 41 Tahun 2007
e. Peraturan Pemerintah Nomor 19
Tahun 2005
Jawaban : E
56. Seorang guru
mampu Mampu merancang pembelajaran,
memahami landasan pendidikan a.
Kompetensi Pedagogik
b. Kompetensi
Kepribadian c.
Kompetensi Professional d. Kompetensi Sosial
e. Kompetensi
Manajerial
Jawaban : A
57. Seorang guru
mampu Mampu melaksanakan
pembelajaran a.
Kompetensi Pedagogik
b. Kompetensi
Kepribadian c.
Kompetensi Professional d. Kompetensi Sosial
e. Kompetensi
Manajerial
Jawaban : A
58. Seorang guru
mampu Mampu merancang dan melaksanakan evaluasi
pembelajaran a.
Kompetensi Pedagogik
b. Kompetensi
Kepribadian c.
Kompetensi Professional d. Kompetensi Sosial
e. Kompetensi
Manajerial
Jawaban : A
59. Seorang guru
mampu Memfasilitasi
peserta didik untuk mengaktualisasikan berbagai potensi a.
Kompetensi Pedagogik
b. Kompetensi
Kepribadian c.
Kompetensi Professional d. Kompetensi Sosial
e. Kompetensi
Kewirausahaan
Jawaban : A
60. Seorang guru
mampu Menguasai
substansi keilmuan yang terkait bidang studi a.
Kompetensi Pedagogik
b. Kompetensi
Kepribadian c.
Kompetensi Professional d. Kompetensi Sosial
e. Kompetensi
Supervisi
Jawaban : C
61. Seorang guru
mampu Menguasai
struktur dan metode keilmuan
a. Kompetensi Pedagogik
b. Kompetensi
Kepribadian c.
Kompetensi Professional d. Kompetensi Sosial
e. Kompetensi
Manajerial
Jawaban : C
62. Seorang guru
mampu Memiliki
akhlak mulia dan menjadi teladan
a. Kompetensi Pedagogik
b. Kompetensi
Kepribadian c.
Kompetensi Professional d. Kompetensi Sosial
e. Kompetensi
Manajerial
Jawaban : B
63. Seorang guru
mampu Memiliki
kepribadian yang arif
a. Kompetensi Pedagogik
b. Kompetensi
Kepribadian c.
Kompetensi Professional d. Kompetensi Sosial
e. Kompetensi
Manajerial
Jawaban : B
64. Seorang guru
mampu Mampu berkomunikasi dan bergaul efektif dengan
peserta didik
a. Kompetensi Pedagogik
b. Kompetensi Kepribadian c.
Kompetensi Professional d. Kompetensi Sosial
e. Kompetensi Manajerial
Jawaban : B
65. Seorang guru
mampu berkomunikasi dan
bergaul
efektif dengan
sesama
pendidik
di
sekolahnya, termasuk……..
a. Kompetensi
Pedagogik
b. Kompetensi
Kepribadian
c.
Kompetensi Professional d. Kompetensi Sosial
e. Kompetensi
Manajerial
Jawaban : B
66. Seorang guru berencana membeli dan membaca buku tentang asesment pembelajaran. Rencana
tersebut menunjukkan keinginan guru
mengembangkan ciri:
a.
Kompetensi pedagogic
b. Kompetensi sosial
c. Kompetensi
kepribadian d. Kompetensi professional
Jawaban
: D
67. Keinginan dan
usaha untuk tidak
terlambat datang ke sekolah
merupakan ranah:
a. Kompetensi
sosial
b. Kompetensi kepribadian
c. Kompetensi profesional
d. Kompetensi pedagogic Jawaban : B
68. Dalam satu sekolah beberapa orang
guru sebidang bekerja dan
merancang, melaksanakan dan
mengevaluasi proses hasil pembelajaran. Kegiatan tersebut merupakan usaha guru untuk mengembangkan
diri ranah:
a. Kompetensi
sosial
dan pedagogic
b. Kompetensi
profesional dan pedagogic
c.
Kompetensi kepribadian dan
profesional d. Kompetensi kepribadian dan
social Jawaban
: C
69. Seorang guru
menyusun
RPP
harus dilandasi kesadaran bahwa :
a. RPP merupakan
bagian dari
administrasi
sekolah
b. Proses pembelajaran merupakan kegiatan yang harus direncanakan c.
RPP
merupakan bagian kelengkapan
Portofolio sertifikasi
d. Proses pembelajaran merupakan proses yang harus
didokumentasi
Jawaban : B
70. Seorang
guru
yang perokok
membiasakan diri untuk
tidak merokok di kelas,
di ruang guru, di ruang
tatib sekolah, dan di ruang
BK maupun dalam rapat guru. Guru perokok tersebut tengah
mengembangkan diri dalam ranah
tersebut
tengah mengembangkan
diri dalam ranah
a. Kompetensi profesional b. Kompetensi kepribadian c.
Kompetensi sosial
d.
Kompetensi pedagogic
Jawaban : B
71. Paikem adalah pembelajaran yang :
a.
Efektif, intrinsik, komunikatif,
efektif dan
menyenangkan
b. Aktif, inovatif, kreatif, edukatif dan menyenangkan
c.
Aktif, inovatif, kreatif, efektif dan
menyenangkan
d. Pembelajaran Aktif, kreatif,
efektif
dan menyenangkan
Jawaban
: C
72. Expert group pada belajar
korperatif mendiskusikan a.
Masalah
tiap-tiap kelompok yang ada
b. Masalah tiap-tiap kelompok beda
dari tiap-tiap kelompok
c. Masalah tiap-tiap yang didiskusikan
pada kelompok
d. Masalah dari
tiap-tiap kelompok
secara mendalam
Jawaban
: D
73. Untuk mendorong dan membuat siswa menjadi lebih aktif dan terbuka untuk memberi jawaban
secara sukarela guru dapat menerapkan
a.
Brain storming
b. Concept mapping
c. Quickstioning
d. Role playing
Jawaban
: A
74. Problem salving dan discovery learning dapat meningkatkan kerampilan siswa
dalam hal :
a. Individual
thinking b. Direct thinking
c.
Critical thinking
d. Personal thinking Pemilihan
Jawaban
: C
75. Pemilihan
satu modul pembelajaran
terutama dilakukan berdasarkan
a. Standar kompetensi,
ciri
mata
pelajaran atau
pokok bahasan
b. Teori yang dipahami guru
c.
Keinginan dan
putusan bersama
d. Tersedianya waktu dan
dana yang
ada
Jawaban
: A
76. Prinsip Coorperatif Learning, kecuali
a. Kerja sama
mencapai
tujuan
b. Kemampuan kerja individu
c. Saling interaksi
d. Saling tergantung tapi saling memberi: Jawaban : B
77. Memilih
media, mempertimbangkan
a.
Kesesuaian
media dengan tujuan, materi
dan perkembangan
siswa b. Kecanggihan media
c.
Keseuaian
media dengan
paradigma
pembelajaran
d. Kelengkapan dan
kualitas media
Jawaban
: A
78. Guru menggunakan media dalam
mengajar
karena a.
Tuntutan kurikulum
b. Anjuran KS
c.
Media membatu siswa agar
lebih mudah memahami
d. Keberadaan
media
mengurangi
beban tugas guru Jawaban : C
79. Penggunaan
Media efektif bila
a.
Dapat
membantu
guru mempercepat
materi
b. Dapat meningkatkan motivasi
siswa melalui bermain c.
Dapat
meningkatkan
pencapaian hasil belajar siswa
d. Dapat menyelesaikan materi ajar melebihi target
Jawaban
: C
80. Keuntungan
media di buat guru,
kecuali:
a. Sesuai
dengan tingkat/karakteristik
belajar b. Sesuai
dengan tingkat tujuan yang dicapai
c. Sesuai
dengan tingkat karakteristik
guru
d. Sesuai dengan materi
yang disajikan
Jawaban
: C
81. Setelah membaca teks siswa diharapkan mengidentifikasikan sedikitnya 5 kata kerja dengan
tepat untuk itu
guru menggunakan
media teks, pertanyaan ini berkaitan dengan kriteria …
a.
Kesesuaian
b. Tingkat kesulitan c. Ketersediaan
d. Kualitas teknis
Jawaban
: A
82. Media yang kita gunakan di kelas hendaknya memiliki tingkat kejelasan bagi siswa termasuk
tulisan guru harus bisa
dibaca oleh siswa. Ini berkaitan
dengan
kriteria :
a.
Kesesuaian
b. tingkat kesulitan c. ketersediaan
d. kualitas teknis
Jawaban
: D
83. Hasil kegiatan
berikut yang paling tepat diukur dengan non tes adalah :
a.
kemampuan siswa memahami materi b. keaktifan
siswa belajar di
kelas
c.
keaktifan siswa menulis
karangan
d. ketrampilan
siswa menulis paparan / cerita
Jawaban
: B
84. Penilaian dengan portofolio bertujuan untuk mengetahui
perkembangan :
a.
kemampuan memahami materi
b. siswa mengerjakan
tugas
c.
kerajinan
dan
kreatifitas
siswa
d. hasil belajar siswa
secara keseluruhan
Jawaban
: D
85. Kegiatan belajar berikut yang tepat dievaluasi tes
kinerja.. a. Berhitung
(matematika)
b. Memecahkan masalah
c. Melakukan percobaan d. Membuat
karya tulis Jawaban : C
86. Untuk meningkatkan kualitas pembelajaran yang dilakukan di kelas, seorang
guru
melakukan kegiatan berikut
1.Menganalisis hasil ujian
siswa sebelum menentukan
jumlah siswa yang
belum tuntas
2.Memisahkan siswa yang nilainya di atas dan di bawah standar kemudian memilih metode
mengajar yang berbeda untuk kedua
kelompok.
3.Melakukan refleksi
terhadap kelemahan metode
yang digunakan dan
memperbarui pada pelajaran
berikutnya
4. Menerapkan
metode mengajar bagi siswa yang
menjalani remidi
Kegiatan yang dapat
memperbaiki kualitas pembelajaran guru di kelas
adalah :
a.
1, 2, 3 b. 1 dan 2 c. 2 dan
4
d. 1, 2, 3 dan 4
Jawaban
: A
87. Kegiatan pembelajaran yang dapat memberikan kelanjutan
kecakapan hidup ( life skill) bagi
anak didik
adalah
……………
a.
mempresentasikan hasil diskusi
b. membuat karya tulis
c.
membuat model
d. kerjasama
dengan kelompok.
Jawaban
: B
88. Dalam mengembangkan
alat evalusi guru harus
memperhatikan
:
a.
kompetensi dasar, indikator, dan
materi ajar dan
SKBM.
b. kesesuaian dengan materi ajar, soal harus mengukur
tingkat pemahaman siswa terhadap materi yang diajarkan.
c. Hasil belajar soal hrs dibuat sedemikian rupa, agar sebagian besar siswa mencapai standar ketuntasan belajar minimal (SKBM)
d. Analisis hasil evaluasi
tdk harus dilakukan karena nilai yg diperoleh rata-rata dengan nilai ujian
pada materi selanjutnya
Jawaban
: A
89. Pernyataan berikut yang benar
tentang assesment adalah
:
a. proses
pengukuran tes untuk
mengetahui
tkt pemahaman siswa setelah mengikuti pelajaran.
b. proses pengumpulan informasi tentang peserta didik berkenaan dengan apa yang mereka ketahui
dan apa yang dapat
mereka lakukan.
c.
melakukan penilaian kemampuan
siswa menerima pelajaran d. proses penilaian
tkt kecerdasan
siswa.
Jawaban : A
90. Tulisan
karya ilmiah skripsi,
thesis, desertasi tergolong karya ilmiah yang :
a.
disajikan dalam bentuk artikel atau makalah
b. ditulis berdasarkan bukan hasil riset
c.
kajian ilmiah yang ditulis dari
hasil riset d. berupa kajian teoritis
Jawaban : C
91. Langkah-langkah PTK dapat dilakukan sebagai berikut.................. a. Perencanaan –Observasi- Pelaksanaan
– Refleksi
b. Refleksi - Perencanaan - Observasi –
Pelaksanaan c.
Observasi - Perencanaan – Pelaksanaan
– Refleksi d. Perencanaan – Pelaksanaan – Observasi –
Refleksi Jawaban : D
92. Apakah Yang Dimaksud
Dengan
KTI
yang APIK?
a. PTK harus mampu menunjukkan bahwa kegiatan PTK memang benar-benar telah dilakukan oleh guru yang bersangkutan.
b. PTK yang dilakukan benar-benar mempunyai manfaat.
c. PTK harus
memenuhi kaidah-kaidah ilmiah
d. KTI guru hendaknya berkaitan dengan matapelajarannya dan kegiatan yang dilakukan untuk meningkatkan
mutu proses dan hasil belajar di kelasnya.
e. Asli, Perlu, Ilmiah,
Konsisten
Jawaban : E
93. PTK bersifat kontektual untuk
perbaikan PBM kelas artinya... a.
Nilai percakapan
belum
meningkat
b. Terkait dengan permasalahan pada konteks sesungguhnya pada waktu melaksanakan PBM
dalam
kelas
c. Terkait dengan perenungan di luar kontek, sehingga pada waktu ,elaksanakan PBM di dalam
kelas
d. Terkait dengan permasalahan
pada kontk sesungguhnya pada waktu di luar jam pelajaran
Jawaban : B
94. Prosedur penilaian pemerolehan belajar, proses kemajuan belajar dan kinerja siswa dengan berbagai alat
dikenal sebagai :
a.
Authentic material b. Authentic learning
c.
Authentic assessment d. Authentic data
Jawaban
: C
95. Salah satu prinsip merancang program remedial bagi peserta didik tampak dalam kegiatan
guru….
a.
membuat rancangan
pembelajaran
khusus untuk peserta didik sebagai
peserta remedial
b. menggunakan rancangan pembelajaran yang telah dibuat dengan memperhatikan hasil temuan analisis evaluasi belajar peserta didik
c. menggunakan rancangan pembelajaran baru yang berbeda sama sekali dengan rancangan yang ada
d. merencanakan
tes
ulang saja
tanpa ada pengulangan penjelasan materi
e.
menggunakan rancangan pembelajaran berdasarkan bahan ajar belajar peserta didik
Jawaban
: B
96. Standar nasional pendidikan yang
berkaitan dengan perencanaan, pelaksanaan, dan
pengawasan kegiatan pendidikan pada tingkat satuan pendidikan, kabupaten/kota, provinsi, atau
nasional agar tercapai
efisiensi
dan efektivitas
penyelenggaraan pendidikan disebut ..................... a. Standar Proses;
b. Standar Kompetensi Lulusan;
c. Standar Sarana Dan
Prasarana;
d. Standar Pengelolaan;
e.
Standar Penilaian
Pendidikan
Jawaban
: D
97. Penilaian pendidikan pada jenjang pendidikan dasar dan
menengah
terdiri atas:
a.
Penilaian
Hasil Belajar Oleh Pendidik;
b. Penilaian Hasil Belajar Oleh Satuan Pendidikan; Dan c. Penilaian
Hasil Belajar Oleh Pemerintah
d. Penilaian Hasil Belajar Oleh Masyarakat e.
Jawaban
A, B
dan C Benar
Jawaban
: E
98. “Mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa, bertujuan untuk berkembangnya
potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha
Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga
negara yang demokratis
serta bertanggung jawab”.
Kalimat tersebut adalah
...................
a. Fungsi
dan tujuan pendidikan
nasional b. Fungsi pendidikan nasional
c. Tujuan
pendidikan nasional
d. Sasaran
pendidikan nasional
e. Arah
kebijakan pembangunan
nacional
Jawaban
: A
99. Sedangkan standar nasional pendidikan RI dituangkan dalam
...................
a.
Peraturan Pemerintah RI Nomor 19
Tahun
2005 b. Permendiknas RI Nomor
19 Tahun 2007
c.
Permendiknas RI Nomor
20 Tahun 2007 d. Permendiknas
RI
Nomor 32 Tahun 2005
e.
Peraturan Presiden RI Nomor
7 Tahun 2005
Jawaban
: A
100. Memahami peserta didik secara mendalam
a. Kompetensi Pedagogik
b. Kompetensi
Kepribadian c.
Kompetensi Professional d. Kompetensi Sosial
e.
Kompetensi Manajerial
Jawaban
: A
101. Penerapan aturan
kedisiplinan
di
sekolah yang berkait
dengan
pemberian
reward dan
punishment merupakan merupakan
perwujudan dari teori
pendidikan ....
A. konstruktivistik
B. behavioristik C. kognitivistik D. realistic
E. konektivistik
Jawaban
: B
102. Dalam pembelajaran yang berbasis konstruktivistik, guru
lebih banyak berperan sebagai....
A. stimulan
B.
pelatih C. panutan D. instruktur
E. fasilitator, kolaborator, inspirator
Jawaban
: A
103. Unesco PBB menetapkan 4 pilar pendidikan, yaitu: Learning to know, learning to do, learning
to live together dan ....
A. learning to
be
B.
learning to learn
C. learning to experience D. learning to
understand E. learning university Jawaban : E
104. Sekolah berkewajiban untuk mengembangkan life skills
siswa.
Tujuannya adalah
agar
siswa
....
A. mampu hidup bahagia
B.
memiliki ketrampilan
vokasional
C. memiliki keunggulan akademik
D. mampu mengerjakan setiap
butir soal dalam ujian
E. mampu mandiri
Jawaban
: E
105. Howard Gardner berpendapat bahwa
pada diri peserta
didik memiliki kecerdasan yang
beraneka ragam yang dikenal dengan “multiple intelligence”. Berikut ini yang tidak termasuk jenis
multiple
intelligence ialah ....
A. kecerdasan musikal dan logical
matematika
B.
kecerdasan
linguistik dan kinestik
C. kecerdasan intrapersonal dan spatial
D. kecerdasan spiritual dan emosional
E. kecerdasan interpersonal
Jawaban
: D
106. Seorang guru perlu bersikap inklusif dan objektif terhadap peserta didik, teman sejawat, dan
lingkungan sekitar dalam melaksanakan pembelajaran.
Contoh berikut yang sesuai
dengan pernyataan di atas
adalah
....
A. Dia adalah seorang guru yang senantiasa berkomunikasi dengan orang tua peserta didik
terutama kalau ada permasalahan
dari
putera atau puterinya.
B. Sebagai seorang guru, dia selalu menyayangi dan memperhatikan perkembangan peserta
didiknya
C. Ketika seorang guru memarahi peserta didik, ada guru lain tidak terima dan menasehati agar
tidak
mengulangi
D. Dia adalah seorang guru yang bangga dan menjunjung tinggi pekerjaannya, dalam melakukan
penilaian sesuai
kemampuan
peserta didik
E. Seorang guru selalu melaksanakan apa yang diusulkan
oleh orang tua peserta didiknya agar tercipta keharmonisan
Jawaban : D
107. “Ing
ngarso
sung tulodo,Ing madyo mangun karso,Tut
wuri handayani”
(Ki Hajar
Dewantoro).
Manakah pernyataan dibawah
ini yang mencerminkan bukan sikap guru
dalam
prinsi kepemimpinan
pembelajaran
tersebut, yaitu....
A. guru harus bisa menjadi contoh
yang baik bagi anak
didiknya
B. guru
menjadi sahabat belajar siswa
C. guru menjadi fasilitator
dan inovator dalam
proses
pembelajaran
D. guru menjadi satu-satunya sumber
belajar
E. guru memberikan penghargaan
kepada siswa
Jawaban
: D
108. Guru sebagai pendidik
profesional mempunyai
tugas
utama……
A. membimbing, mengarahkan, melatih, menilai, dan mengevaluasi
peserta didik pada pendidikan anak usia
dini jalur pendidikan formal, pendidikan dasar, dan
pendidikan
menengah.
B. mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai, dan mengevaluasi peserta didik pada
pendidikan anak
usia dini jalur pendidikan
formal, pendidikan
dasar,
dan
pendidikan menengah
C. mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai, dan mengevaluasi peserta didik pada
pendidikan anak usia dini jalur
pendidikan formal, pendidikan dasar,
dan
pendidikan menengah
D. mendidik, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai, dan mengevaluasi peserta didik pada pendidikan
anak
usia dini jalur pendidikan
formal, pendidikan dasar, dan pendidikan
menengah
E. mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, peserta didik pada pendidikan dasar,
dan pendidikan menengah
Jawaban : C
109. Beberapa hal yang perlu
diperhatikan oleh seorang
guru supaya menjadi
teladan bagi
peserta didik adalah
sebagai
berikut,
kecuali ….
A. Guru harus memiliki sikap dan kepribadian utuh yang dapat dijadikan tokoh panutan idola
dalam seluruh segi kehidupannya
B. Guru harus berusaha memilih dan melakukan perbuatan yang positif agar dapat mengangkat citra baik dan kewibawaannya
C. Guru harus mengimplementasikan nilai-nilai tinggi terutama yang diambilkan dari ajaran agama
D.
Guru harus mempunyai
sifat
terpuji yang dapat
diikuti oleh peserta didik
E. Guru
harus dapat mempengaruhi peserta didik agar
meniru tingkah lakunya
Jawaban : E
110. Kepribadian guru dengan menampilkan tindakan yang sesuai dengan norma
religius (iman
dan
takwa, jujur, ikhlas, suka
menolong), dan memiliki perilaku yang diteladani peserta didik, maka
guru tersebut …
A. memiliki
kepribadian yang dewasa
B. memiliki kepribadian yang mantap
dan stabil
C. memiliki kepribadian yang
arif
D. memiliki
kepribadian yang berwibawa
E. memiliki
akhlak mulia dan menjadi teladan
Jawaban : E
111. Learning dalam
behaviorisme menekankan
adanya….
A. Perubahan
pengetahuan
B. Pembelajaran
bermakna
C. Pemaknaan
informasi baru
D. Interaksi terus menerus
E. Perubahan Perilaku
Jawaban
: E
112. Pelaksanaan penilaian kinerja guru dimaksudkan bukan untuk menyulitkan guru, tetapi
sebaliknya penilaian kinerja guru dilaksanakan untuk
mewujudkan guru yang ...
A. Mau
menerima tunjangan
profesi
pendidik dan mau mengembangkan kompetensinya
B. Profesional, bermartabat dan sejahtera karena harkat dan martabat suatu profesi ditentukan oleh kualitas layanan profesi yang bermutu
C. Mau dan mampu mengembangkan kompetensinya serta selalu mengharap-harap turunnya TPP
D. Mau dan mampu meningkatkan
layanan profesi
pendidik yang bermutu
E. Mau
menerima tunjangan
profesi pendidik (TPP) tetapi
tidak
mau dimasukkan surga
Jawaban : B
113. Penilaian kinerja guru adalah penilaian yang dilakukan
terhadap ….
A. setiap butir kegiatan tugas utama guru dalam rangka pembinaan karir, kepangkatan, dan
jabatannya
B. setiap
butir kompetensi guru dalam
rangka pembinaan
karir, kepangkatan, dan
jabatannya
C. setiap butir kompetensi pedagogik dan professional guru dalam rangka pembinaan karir, kepangkatan,
dan
jabatannya
D. setiap butir kompetensi kepribadian, pedagogic, social dan professional guru dalam rangka pembinaan
karir,
kepangkatan,
dan jabatannya
E. setiap butir kompetensi guru dan tambahan guru dalam rangka pembinaan karir, kepangkatan,
dan jabatannya
Jawaban
: C
114. Ekspresi positif seorang guru diwujudkan dalam kehidupan sehari-hari sebagai berikut,
kecuali....
A. Menyayangi peserta didik dalam
kebaikan
B. Memberikan
keteladanan
dalam beribadah
C. Berdoa setiap
mengawali belajar dan berdisiplin
D. Memberikan senyum, salam,
sapa dan santun
E. Marah-marah dan berlaku
kasar
terhadap orang lain
Jawaban : E
115. Ciri-ciri
pribadi yang memiliki kecerdasan sosial
adalah
...
A. Adanya
hubungan yang kuat dengan Tuhan,
memberi manfaat
kepada
lingkungan,
dan menghasilkan
karya untuk
membangun orang
lain
B. Bertanggungjawab, berdedikasi dan
berwibawa
C. Berperilaku
baik, bertanggungjawab
dan
disiplin
D. Profesional, pengalaman
dan menggembangkan diri E. Berjiwa sosial, profesional
dalam bekerja dan jujur
Jawaban
: E
116. Manakah
indikator kompetensi pedagogik berikut
paling tepat?
A. Mengenali peserta didik, menguasai teori belajar, memahami prinsip-prinsip pembelajaran, mengembangkan kerjasama
dengan teman sejawat, melakukan kegiatan yang mendidik,
memahami dan mengembangkan potensi peserta
didik, komunikasi
dengan peserta
didik, melakukan penilaian dan evaluasi
B. Mengenali peserta didik, menguasai teori belajar, memahami prinsip-prinsip pembelajaran,
mengembangkan kurikulum, melakukan kegiatan yang mendidik, memahami dan mengembangkan potensi peserta
didik, guru memberikan penghargaan terhadap berbagai agama
dan keyakinan yang dianut, melakukan
penilaian dan
evaluasi
C. Mengenali peserta
didik, menguasai teori belajar, memahami prinsip-prinsip pembelajaran,
mengembangkan kurikulum, melakukan kegiatan yang mendidik, memahami dan mengembangkan potensi peserta didik, komunikasi dengan peserta didik,melakukan penilaian dan
evaluasi
D. Mengenali peserta didik, menguasai teori belajar, memahami prinsip-prinsip pembelajaran, mengembangkan kurikulum, melakukan kegiatan yang
mendidik, memahami dan mengembangkan potensi peserta didik, mengawali dan mengakhiri pembelajaran tepat waktu,
melakukan penilaian
dan evaluasi.
E. Mengenali peserta
didik, menguasai teori belajar, memahami prinsip-prinsip pembelajaran,
mengembangkan kurikulum, melakukan kegiatan yang
mendidik, memahami dan mengembangkan potensi peserta didik, komunikasi dengan sopan dan santun, melakukan penilaian
dan evaluasi
Jawaban : C
117. Kompetensi guru yang digunakan sebagai dasar PK Guru adalah tugas guru yang terkait
dengan tugas pembelajaran, pembimbingan, atau tugas tambahan yang
relevan dengan fungsi
sekolah. Manakah dasar PK Guru yang
terkait dengan kemampuan mengelola pembelajaran di
kelas?
A.
Kompetensi profesional
B. Kompetensi
sosial
C. Kompetensi
pedagogik
D. Kompetensi kepribadian
E. Inovasi dan kreativitas
pembelajaran
Jawaban : E
118. Seorang guru mencatat dan menggunakan informasi tentang karakteristik peserta didik untuk membantu proses pembelajaran. Karakteristik peserta didik tersebut meliputi
berbagai aspek berikut
....
A. Aspek fisik intelektual,
sosial emosional, personal, dan latar belakang sosial budaya
B.
Aspek fisik intelektual, sosial emosional, moral, dan latar belakang sosial budaya
C. Aspek fisik intelektual,
sosial
personal, moral, dan latar
belakang sosial budaya D. Aspek fisik intelektual,
sosial emosional, moral, dan latar belakang suku agama E. Aspek fisik intelektual,
kolegial, moral, dan latar
belakang sosial budaya
Jawaban : A
119. Dalam
memilih sumber belajar
harus memperhatikan
kriteria sebagai berikut ...
A. Ekonomis: tidak harus terpatok pada harga yang mahal; Praktis: tidak memerlukan pengelolaan yang
rumit, sulit dan langka
B. Mudah:
dekat
dan tersedia di sekitar lingkungan kita
C. Fleksibel: dapat
dimanfaatkan
untuk berbagai kompetensi dasar,
D. Sesuai dengan kompetensi dasar: mendukung proses dan pencapaian kompetensi dasar dan dapat membangkitkan motivasi
dan minat belajar siswa
E.
Semua jawaban benar
Jawaban : E
120. Fungsi
sumber belajar
dalam proses kegiatan belajar mengajar, antara lain ....
A. Meningkatkan produktivitas pembelajaran dengan jalan: (a) mempercepat laju belajar dan membantu guru untuk menggunakan waktu secara lebih baik dan efisien dan (b) mengurangi beban
guru
dalam menyajikan informasi
sehingga waktu
dapat lebih banyak digunakan untuk
mengaktifkan peserta didik dalam
pembelajaran
B. Memberikan kemungkinan pembelajaran yang sifatnya lebih individual,
dengan cara: (a)
mengurangi kontrol guru yang
kaku dan tradisional; dan (b) memberikan kesempatan bagi siswa
untuk berkembang sesuai
dengan kemampuannnya
C. Memberikan dasar yang lebih ilmiah terhadap pembelajaran dengan cara: (a)
perancangan program pembelajaran yang lebih
sistematis; dan (b) pengembangan bahan pengajaran yang dilandasi
oleh
penelitian
D. Memungkinkan penyajian pembelajaran yang lebih luas, dengan menyajikan informasi yang mampu menembus batas geografis
E. Semua
jawaban benar
Jawaban : E
121. Jika Anda melakukan kunjungan kelas dan memperhatikan guru telah memastikan bahwa
semua peserta didik mendapatkan kesempatan yang sama untuk berpertisipasi aktif dalam kegiatan pembelajaran, maka
guru tersebut
perlu diberi skor maksimal
pada indikator.....
A.
Memahami prinsip-prinsip
pembelajaran yang
mendidik
B. Mengenali karakteristik peserta didik
C. Menguasi
teori mendidik
D. Memahami perkembangan remaja
E. Pembelajaran yang mendidik Jawaban : A
122. Guru profesional
antara lain mampu
memilih materi pembelajaran. Manakah yang tidak
sesuai dengan
materi
pembelajaran dimaksud?
A. Materi pembelajaran sesuai
dengan tujuan pembelajaran
B. Materi pembelajaran yang tepat dan mutakhir
C. Materi sesuai
dengan usia
dan tingkat kemampuan belajar peserta didik
D. Materi tidak
harus dapat dilaksanakan di kelas.
E. Materi sesuai
dengan konteks kehidupan
sehari-hari peserta didik
Jawaban : B
123. Manakah
kegiatan yang menggambarkan
kompetensi pedagogik seorang guru?
A. Guru memiliki rasa persatuan dan
kesatuan bangsa Indonesia
B. Guru mampu mengelola pembelajaran yang membuktikan bahwa guru dihormati oleh peserta didik
C. Merancang rencana pembelajaran yang sesuai dengan silabus untuk membahas materi ajar
tertentu agar peserta didik mencapai kompetensi dasar yang ditentukan
D. Guru memanfaatkan waktu luang selain mengajar untuk kegiatan yang produktif terkait dengan tugasnya
E.
Guru merasa bangga dengan
profesinya sebagai guru
Jawaban : C
124. Mengapa guru wajib
merancang rencana pembelajaran?
A. Agar peserta didik
dapat
berpartisipasi secara maksimal
dalam proses pembelajaran
B. Agar peserta didik tidak sampai mengganggu peserta didik lain pada saat proses pembelajaran
berlangsung
C. Agar peserta didik termotivasi kemauan belajarnya
D. Agar peserta didik
dapat
mencapai Kompetensi Dasar/KD yang ditentukan
E. Agar peserta didik
terfasilitasi pengalaman belajarnya dengan
baik
Jawaban : D
125. Berikut adalah
alasan paling tepat
guru
perlu
mengatur kelas
pada saat
pembelajaran berlangsung ....
A. Dapat memberikan kesempatan belajar yang sama pada semua peserta didik dengan kelainan
fisik dan kemampuan belajar yang berbeda
B. Guru
dapat memperhatikan
potensi dan kekurangan
peserta didik
C. Peserta didik
mendapatkan kesempatan yang sama
untuk berpartisipasi dalam pembelajaran
D. Agar tidak
membuka peluang peserta didik merugikan peserta didik lainnya
E. Mencegah adanya perilaku
menyimpang dari peserta didik selama proses pembelajaran
Jawaban : C
126. Renacana pelaksanaan pembelajaran (RPP) disusun
untuk
setiap KD yang
dapat dilaksanakan
dalam satu kali pertemuan
atau lebih.
Dijabarkan dari....
A. Silabus untuk pembuatan indicator
dan tujuan pembelajaran dalam
upaya mencapai
KD B. Silabus
untuk pembuatan tujuan pembelajaran
dan materi dalam upaya mencapai KD
C.
Silabus untuk pembuatan ndikator
dan penilaian
dalam upaya mencapai KD
D. Silabus untuk mengarahkan
keagiatan
belajar peserta didik
dalam upaya mencapai KD Jawaban : D
127. Perhatikan beberapa komponen dari RPP untuk mata pelajaran bahasa Indonesia adalah sebagai berikut
......
1)
Kompetensi
dasar :Mengenal kegiatan
bermusyawarah
2)
Indikator : menyebutkan
dua ciri kegiatan bermusyawarah
3) Tujuan Pembelajaran : setelah pelaksanaan pemilihan ketua kelas siswa dapat menyebutkan
dua ciri kegiatan musyawarah
dengan benar
Berdasarkan komoponen-komponen RPP tersebut
prinsip digunakan adalah.... A. Memberikan umpan
balik
dan tindak lanjut
B.
Mendorong partisipasi aktif peserta didik
C.
Memperhatikan
perbedaan individu
peserta didik
D.
Keterkaitan dan
keterpaduan
Jawaban : D
128. Dalam mengunakan media dan alat bantu mengajar, guru sebaiknya memperhatikan
beberapa faktor di bawah ini, kecuali satu yakni;:
A.
Metode mengajar yang digunakan guru
B.
Karakteristik bahan ajar
C.
Waktu yang tersedia untuk kegiatan pembelajaran D.
Buku sumber yang digunakan dalam
pembelajaran Jawaban : C
129.
Jika seorang guru melakukan
aktifitas pembelajaran
sebagai
berikut:
1) Membekali murid tidak hanya dengan fakta-fakta, melainkan diarahkan pada kemampuan
penguasaan dalam proses berfikir dan
berkomunikasi,
2) Berperan sebagai fasilitator
dan pembimbing belajar peserta didik.
3) Melakukan penilaian yang mencakup cara-cara penyelesaian masalah dengan berpatokan
pada aturan yang berlaku,
seperti
peta konsep, diagram
ven, portopolio, uji kompetensi,
dan ujian komprehensif.
Maka guru tersebut dapat dikatakan menggunakan pembelajaran yang berbasis....
A. Kognitivisme
B. Behaviorisme
C. Konstructivisme
D. Humanisme Jawaban
: C
130. Menurut Piaget, periode
perkembangan operasi kongkrit pada siswa usia peserta didik antara 7
– 12 tahun. Dengan
demikian proses pembelajaran
dikelas
harus lebih menekankan…
A. Penggunaan
media, alat peraga termasuk
sumber belajar. B. Pemberian
tugas yang tersetruktur.
C.
Penggunaan
metode bervariasi
D. Menekankan berfikir
ktiris dan pemecahan masalah.
Jawaban
: A
131. Benjamin S. Bloom mengembangkan
ranah kognitif dengan urutan berikut: A. ingatan; pemahaman, analisis, aplikasi,
sintesis,
dan evaluasi;
B. ingatan,
pemahaman,
aplikasi, analisis,
síntesis, dan evaluasi C.
ingatan, pemahaman, síntesis, aplikasi, analsis,
dan evaluasi D. ingatan, pemahaman,
analisis,
aplikasi, evaluasi,
dan, síntesis. Jawaban
: B
132. Taksonomi
Anderson
dan Krathwol menyempurnakan
taksonomi
Benjamin
S. Bloom mengembangkan ranah
kognitif dengan urutan berikut:
A. ingatan;
pemahaman, analisis, aplikasi,
sintesis,
dan evaluasi; B.
ingatan, pemahaman,
aplikasi, analisis,
síntesis
C. ingatan, pemahaman, síntesis, aplikasi, analsis,
dan evaluasi
D. ingatan,
pemahaman, aplikasi,analisis,
evaluasi,
dan, mencipta. Jawaban : D
133. Model pembelajaran yang mempunyai keunggulan antara lain; berpikir dan bertindak kreatif, memecahkan masalah yang dihadapi secara realistis, merangsang perkembangan kemajuan
berfikir siswa
untuk menyelesaikan masalah yang
dihadapi dengan tepat, adalah….
A. Role Playing
B. Inquiry
C. Problem Solving D.
Picture and Picture Jawaban : C
134. Faktor yang penting dipertimbangkan
guru
dalam melaksanakan diskusi pemecahan masalah
proses pembelajaran adalah:
A. Waktu yang tersedia
untuk melaksanakan diskusi
B. Rumusan
masalah yang harus didiskusikan
C. Jumlah peserta didik yang mengikti pembelajaran
D. Motivasi
belajar siswa
Jawaban
: B
135. Kemampuan yang paling penting dimiliki guru tentang media
dan alat bantu pembelajaran
adalah:
A. Memilih bahan untuk membuat media/alat bantu
B. Membuat
media dan alat bantu
sederhana
C. Menggunakan
media dan alat bantu D. Merawat media dan
alat bantu Jawaban : B
136. Fungsi indikator dijadikan sebagai penanda dalam….
A. Pencapaian
standar kompetensi
B. Pencapaian
kompetensi dasar.
C. Pencapaian tujuan pembelajaran
D. Pencapaian standar kelulusan
Jawaban
: A
137. Tindakan yang paling tepat dilakukan pada saat siswa mengalami kesulitan memahami
pelajaran yang sedang diajarkan adalah:
A. Mengulang kembali bahan yang diajarkan
B. Memberikan
tugas agar siswa mempelajari bahan yang belum dipahami
C. Memberikan buku sumber untuk dipelajari siswa
D. Membantu setiap
siswa
yang mengalami
kesulitan
Jawaban
: D
138. Bila anda sebagai guru menemukan peserta didik mengalami kesulitan memahami materi
pelajaran yang diberikan, tindakan
apa
yang akan dilakukan ?
A. Memindahkantempat
duduk peserta didik ke meja yang paling depan
B. Mengulangi
penjelasan bahan ajar kepada seluruh
peserta didik
C. Memberikan bantuan
belajar kepada peserta
didik yang bersangkutan
D. Menugaskan seluruh
peserta didik
membaca buku sumber
Jawaban
: C
139. Apa yang paling tepat dilakukan guru, jika seorang peserta didik tidak memberikan jawaban
atas pertanyaan yang diajukan ?
A. Menunjuk
peserta didik lain untuk
menjawab pertanyaan tersebut
B. Memberikan
kritik agar peserta didik
berusaha menjawab walaupun
salah
C. Menyederhanakan isi pertanyaan agar mudah dipahami peserta didik
D. Menjawab sendiri pertanyaan tersebut. Jawaban : A
140. Prinsip sistematis sebagai
salah satu prinsip pengembangan
silabus artinya ....
A. Cakupan, kedalaman, tingkat kesukaran dan urutan penyajian materi dalam silabus sesuai
dengan tingkat perkembangan fisik,
intelektual, sosial, emosional, dan spritual peserta didik.
B. Adanya hubungan yang konsisten (ajeg, taat asas) antara kompetensi dasar, indikator, materi
pokok/pembelajaran,
pengalaman belajar, sumber belajar, dan
sistem penilaian.
C. Cakupan indikator, materi pokok/pembelajaran, pengalaman belajar, sumber belajar, dan
sistem penilaian cukup
untuk menunjang pencapaian
kompetensi dasar.
D. Komponen-komponen silabus saling berhubungan secara fungsional dalam mencapai
kompetensi.
Jawaban : C
141. Ciri-ciri kelas yang menggunakan
pembelajaran CTL adalah
sebagai berikut, kecuali....
A. Sharing dengan teman
B.
Guru kreatif
C.
Pengalaman
nyata
D.
Menggunakan
satu
sumber
Jawaban : D
142.
Dalam memilih dan mengembangkan materi pembelajaran, Ibu Murni Nugroho selalu
menyeleksi materi pembelajaran yang telah teruji kebenarannya, tidak ketinggalan jaman dan memberikan kontribusi untuk pemahaman ke depan. Kriteria
penyeleksian dan pemilihan materi pembelajaran tersebut memenuhi
kriteria…
A.
Sahih
B. Kebermanfaatan
C.
Layak dipelajari D.
Menarik minat Jawaban
: A
143. Bu Rossa menyiapkan materi pelajaran dengan cara dimulai dari materi-materi yang dikenal
siswa kemudian menuju hal-hal baru dan dianggap lebih mendalam. Bentuk pengembangan materi yang disusun Bu
Rossa mengikuti pola....
A.
Kausal
B.
Spiral
C. Kronologis D.
inquiri Jawaban
: B
144.
Memilih
media pembelajaran hendaknya tidak boleh sembarangan tetapi harus didasarkan pada kriteria tertentu. Misalnya, apakah untuk belajar individual, kelompok kecil, kelompok besar
atau massal.
Pernyataan
tersebut
dalam pemilihan media termasuk
ke dalam kriteria...
A. tujuan
B. sasaran
didik
C.
ketersediaan
D.
konteks penggunaan
Jawaban : D
145.
Pada saat mempersiapkan pembelajaran seorang guru dapat menyusun strategi
pembelajaran dan menentukan media yang
akan digunakan dalam pembelajaran tersebut. Kemampuan dasar yang
harus dimiliki seorang pendidik terkait dengan keterampilan
memilih media pembelajaran adalah…
A.
Pendidik harus mengetahui
latar sosial budaya siswa dan
sekolah
B. Pendidik
harus memahami karakteristik dari media pembelajaran tersebut. C. Pendidik
harus menyesuaikan
diri dengan kemampuan sekolah.
D. Pendidik menyesuaikan
dengan
materi pembelajaran. Jawaban : B
146.
Pada saat
mempersiapkan
pembelajaran seorang guru harus dapat menentukan jenis media yang
tepat sesuai dengan materi. Di lihat dari kemampuan jangkauannya, media dapat dibagi ke dalam..
A. media yang memiliki daya liput yang luas dan media
yang memiliki daya liput terbatas
B.
media yang dpat
didengar saja dan
media yang dapat
dilihat
C.
media tradisional dan media
berbasis TIK
D. media dua dimensi dan media
tiga dimensi Jawaban : A
147. Di ruang media tersedia berbagai macam media yang sudah berdebu dan agak usang. Sebagai seorang pendidik yang kreatif, sebaiknya dapat
memanfaatkan media
dan memilih media mana
yang akan
digunakan. Dia
memiliki beberapa pertimbangan dalam hal
ini.
Pertimbangan
dalam
memilih media
pembelajaran yang harus
diperhatikan adalah...
A. Tujuan, sasaran didik,
karakteristik
media, waktu pengoperasian, biaya,
ketersediaan,konteks
penggunaan, dan mutu
teknis.
B. Sasaran didik, karakteristik media, waktu mengoperasikan, tujuan, misi visi sekolah
dan konteks penggunaan.
C. Tujuan,
sasaran didik,
karakteristik media, visi sekolah dan
konteks penggunaan
D.
Kultur sekolah, tujuan, waktu pengoperasiaan
dan karakteristik media
Jawaban : A
148. Seorang guru harus mampu memanfaatkan media pembelajaran dan sumber belajar untuk mencapai tujuan pembelajaraan utuh. Pernyataan berikut yang benar terkait dengan media pembelajaran adalah:
A. media pembelajaran yang paling baik
adalah media
yang berbasis TIK
B. sebuah media dapat
digunakan untuk semua kegiatan
pembelajaran
C.
media dapat
digunakan sebagai
pembawa pesan dalam
suatu kegiatan
pembelajaran
D.
memilih media
tidak
perlu banyak
pertimbangan agar tidak
merepotkan
Jawaban : C
149. Setiap materi pembelajaran memiliki tingkat kesukaran yang
bervariasi. Untuk
memudahkan peserta didik memahami materi yang memiliki tingkat kesukaran
tinggi guru
sering memanfaatkan media pembelajaran. Misalnya, media gambar atau tayangan video yang berisi
sistem peredaran darah.
Fungsi
media
pada pernyataan tersebut
adalah: A. Menampilkan
objek yang terlalu
besar
B. Membuat
konkrIt konsep yang abstrak
C. Menampilkan
objek yang tidak dapat
diamati dengan mata telanjang.
D. Membawa objek yang berbahaya atau sukar didapat
di dalam
lingkungan belajar.
Jawaban
: B
150. Media memiliki fungsi dan manfaat bagi pembelajaran. Hal ini dirasakan juga oleh guru
dalam membantu pembelajaran
menjadi
lebih
efisien dan
efektif. Misalnya saat guru
ingin
menjelaskan suatu konsep/ objek yang luas
dan besar, dia tinggal menggunakan
medianya saja.
Berikut
ini adalah salah satu fungsi
dari
media pembelajaran sesuai
kondisi tersebut:
A. Menampilkan objek yang terlalu
besar,
misalnya pasar, candi.
B. Membawa objek yang berbahaya atau
sukar didapat di dalam
lingkungan belajar.
C. Membuat
konkret konsep yang abstrak, misalnya untuk
menjelaskan peredaran darah.
D. Menampilkan objek yang tidak dapat
diamati dengan mata telanjang.
Jawaban : A

Tidak ada komentar:
Posting Komentar