1.
Moderasi secara terminologis adalah
a.
Adil
b. Imbang
c.
Berlebihan
d.
Fanatik
e.
Kebebasan absolut
2.
Lawan dari moderasi beragama adalah .
. .
a.
Adil
b.
Imbang
c. Berlebihan
d.
Jalan
tengah
e.
Toleran
3.
Di dalam
islam, sikap moderat ditujukan
pada . . .
a.
Individu
b.
Keluarga
c.
Komunitas
d.
Masyarakat
e. Semua
benar
4.
Menurut Qaradawi,
Ummatan wasatha adalah masyarakat yang seimbang dalam hal dibawah ini kecuali…
a.
Ilmu dan amal
b.
Ibadah dan interaksi sosial
c.
Budaya dan karakter
d. Akal
dan Hati
e.
Kebenaran dan kekuatan
5.
Termasuk 7 prinsip nilai utama wasathiyah adalah berikut ini kecuali.
. .
a. Fanatik
b.
Adil
c.
Toleran
d.
Musyawarah
e.
Jalan Tengah
6.
Moderasi beragama dalam agama Kristen merupakan pengejantawahan dari ajaran berikut ini kecuali. . .
a.
Hukum kasih kepada Allah
b.
Hukum
kasih kepada sesame manusia
c.
Kebahagiaan
d.
Perdamaian
e. Kebenaran
7.
Dekrit Nostrae Aetate mendorong umatnya
untuk
a.
Membuka ruang dialog antar
bangsa
b.
Membuka ruang dialog hanya dengan agama Kristen Protestan
c. Membuka ruang dialog dengan
agama-agama lain
d.
Membuka kerjasama antar umatnya
e.
Membuka kerjasama antar bangsa
8.
Moderasi beragama dalam agama hindu adalah menjunjung tinggi.
. .
a.
Dharma dan
Artha
b.
Kama
dan Moksa
c.
Persaudaraan dan kesederajatan
d. Keadilan dan asah, asih, asuh
e.
Kasih
sayang dan harmonis
9.
Memberikan perhatian serta menghormati kebahagiaan orang lain adalah prinsip moderasi dalam agama . .
.
a.
Islam
b.
Kristen
c.
Katolik
d. Budha
e.
Konghuchu
10.Di bawah ini adalah
Wu Chang (lima sifat mulia)
kecuali…
a. Keadilan
b.
Kepercayaan
c.
Bijaksana
d.
Sopan
santun
e.
Cinta kasih
11.
Tujuan dari kebebasan beragama
memberikan kebebasan anggota
masyarakat untuk . . .
a.
Memiliki klaim kebenaran sendiri
b. Mengamalkan agama sekehendak hati
c.
Memilihkan agama untuk orang lain
d.
Memeluk dan mengamalkan agama
e. Memaksakan ajaran
agamanya
12.
Dibawah ini lima dimensi keberagamaan kecuali.
. .
a. Ideologis
b.
Ritual
c.
Spiritual
d. Intelektual
e. Konsekuensial
13.
Naskah tata politik dan sosial di Madinah pada awal permulaan
Islam adalah…
a. Piagam Madinah
b.
Piagam Mekah
c. Piagam Hudaibiyah
d. Piagam Jakarta
e.
Piagam perjanjian Gereja St. Catherine
14.
Naskah mengenai
jaminan kebebasan beragama
kepada umat kristiani di Mesir pada awal permulaan islam adalah. . .
a.
Piagam Madinah
b. Piagam Mekah
c.
Piagam Hudaibiyah
d. Piagam Jakarta
e.
Piagam perjanjian Gereja St. Catherine
15.
Ashokavardana pada awal permulaan pemerintahannya adalah
seorang raja yang…
a.
Adil
b.
Kejam
c. Toleran
d.
Licik
e. Intoleran
16.
Ajaran Ahimsa adalah ajaran yang mengajarkan . . .
a. Keadilan
b.
Keberanian
c. Kebebasan
d.
Non kekerasan
e. Intoleran
17.
Diantara Empat Belas Batu yang berkaitan
erat adalah Maklumat
ke
. . .
a.
3
b. 5
c.
7
d. 9
e. 11
18. Dibawah ini termasuk akulturasi budaya dan agama yang mencerminkan moderasi beragama kecuali. . .
a.
Menara Kudus
b. Perayaan Sekatenan
c. Perayaan Grebeg
Maulud
d.
Lakon
wayang Petruk jadi raja
e.
Serat Cebolek
19.
Piagam Jakarta dirumuskan oleh panitia Sembilan
pada tanggal . . .
a.
22 Juni 1945
b. 22 Juli 1945
c.
18 Agustus 1945
d. 22 Oktober
1945
e. 10 Nopember
1945
20.
Perubahan piagam Jakarta menjado seperti rumusan sila pertama
Pancasila terjadi pada tanggal
. . .
a.
22
Juni 1945
b. 22 Juli 1945
c. 18 Agustus 1945
d. 22 Oktober
1945
e. 10 Nopember
1945
21.
Berikut ini berbagai penyebab
timbulnya madzhab, sekte atau aliran
agama, kecuali…..
a.
Keberagaman tafsir agama
b. Perbedaan kapasitas dan kemampuan berpikir
c.
Perbedaan prespektif
d. Perbedaan sumber
pengetahuan
e.
Perbedaan daerah
22.
Keberagamaan generasi milenial cenderung untuk . . .
a. Menganggap penting
otoritas agama
b. Mencari sendiri
keilmuan keberagamaan mereka dari berbagai
sumber
c. Belajar agama secara terstruktur
d. Belajar langsung
dari sumber otoritatif
e.
Tidak
menganggap penting agama
23.
Seseorang memiliki
pemikiran radikal atau tertarik untuk bertindak radikal karena rasa memiliki sebagai anggota kelompok termasuk pemikiran
atau pemikiran yang dipengaruhi oleh faktor. . .
a.
Pendorong
b. Personal
c.
Penarik
d. Pendorong dan Penarik
e. Pendorong dan Personal
24.
Seseorang yang tidak
atau belum bisa
menselaraskan antara rasionalitas dalam memahami ajaran agama dan internalisasi nilai-nilai
agama dalam kehidupannya, akan
membuatnya menjadi orang . . .
a.
Berpikiran radikal
b. Bertindak
radikal
c. Berpikiran
dan bertindak radikal
d. Berpikiran
radikal tetapi tidak bertindak radikal
e.
Semua benar
25.
Termasuk dari nilai-nilai keberagamaan yang mendorong moderasi
beragama adalah
a.
kejujuran
b. Berbuat
baik
c. Berjuang
demi agama
d.
Keadilan
e. Kebersamaan
26.
Pemahaman dan kegiatan ibadah yang benar akan membentuk
pribadi yang . . .
a.
Memiliki kepedulian terhadap diri
b. Memiliki kepedulian terhadap keluarga
c.
Memiliki kepedulian terhadap masyarakat
d. Memiliki kepedulian terhadap alam
e.
Semua benar
27.
Kesadaran akan kebebasan beragama
dan berpendapat mendorong orang untuk . . .
a.
Memaksakan ajaran agamanya
b.
Menghargai pendapat
dan pilihan orang lain
c. Menghargai kesetaraan
d. Menjunjung tinggi
keadilan
e. Bekerjasama
antar pemeluk agama
28.
Kerukunan antar umat beragama
bisa didorong dengan . .
.
a.
Kerjasama antar umat beragama
b. Mempelajari ajaran agama lain
c. Meyakini kebenaran ajaran agama
d. Menyebarkan ajaran
agama
e.
Kerjasama antar umat seiman
29.
Pemahaman akan simbol-simbol agama lain menjadi
hal penting untuk. . .
a.
Tidak
terpengaruh agama lain
b. Menjalin kerjasama antar umat beragama
c.
Menghindarkan penistaan agama
d. Kajian perbandingan agama
e.
Meningkatkan pemahaman agama
30.
Berikut ini adalah pilar-pilar utama dalam
mendorong kerukunan umat beragama, kecuali .
. .
a.
Peningkatan kerjasama di bidang pendidikan
b. Peningkatan kerjasama
di bidang sosial
c. Peningkatan pemahaman keberagaman yang moderat
d.
Meningkatkan kajian akademik
e. Menyediakan guru-guru agama yang moderat

Tidak ada komentar:
Posting Komentar