Selasa, 17 Oktober 2023

EVALUASI MODUL MODERASI BERAGAMA 1

 


1.     Moderasi secara terminologis adalah

a.     Adil

b.     Imbang

c.      Berlebihan

d.     Fanatik

e.     Kebebasan absolut

2.     Lawan dari moderasi beragama adalah . . .

a.     Adil

b.     Imbang

c.      Berlebihan

d.     Jalan tengah

e.     Toleran

3.     Di dalam islam, sikap moderat ditujukan pada . . .

a.     Individu

b.     Keluarga

c.      Komunitas

d.     Masyarakat

e.     Semua benar

4.     Menurut Qaradawi, Ummatan wasatha adalah masyarakat yang seimbang dalam hal dibawah ini kecuali

a.     Ilmu dan amal

b.     Ibadah dan interaksi sosial

c.      Budaya dan karakter

d.     Akal dan Hati

e.     Kebenaran dan kekuatan


5.     Termasuk 7 prinsip nilai utama wasathiyah adalah berikut ini kecuali. . .

a.     Fanatik

b.     Adil

c.      Toleran

d.     Musyawarah

e.     Jalan Tengah

6.     Moderasi     beragama    dalam     agama     Kristen     merupakan pengejantawahan dari ajaran berikut ini kecuali. . .

a.     Hukum kasih kepada Allah

b.     Hukum kasih kepada sesame manusia

c.      Kebahagiaan

d.     Perdamaian

e.     Kebenaran

7.     Dekrit Nostrae Aetate mendorong umatnya untuk

a.     Membuka ruang dialog antar bangsa

b.     Membuka ruang dialog hanya dengan agama Kristen Protestan

c.      Membuka ruang dialog dengan agama-agama lain

d.     Membuka kerjasama antar umatnya

e.     Membuka kerjasama antar bangsa

8.     Moderasi beragama dalam agama hindu adalah menjunjung tinggi.

. .

a.     Dharma dan Artha

b.     Kama dan Moksa

c.      Persaudaraan dan kesederajatan

d.     Keadilan dan asah, asih, asuh

e.     Kasih sayang dan harmonis

9.     Memberikan perhatian serta menghormati kebahagiaan orang lain adalah prinsip moderasi dalam agama . . .


a.     Islam

b.     Kristen

c.      Katolik

d.     Budha

e.     Konghuchu

10.Di bawah ini adalah Wu Chang (lima sifat mulia) kecuali

a.     Keadilan

b.     Kepercayaan

c.      Bijaksana

d.     Sopan santun

e.     Cinta kasih

11.                  Tujuan dari kebebasan beragama memberikan kebebasan anggota masyarakat untuk . . .

a.     Memiliki klaim kebenaran sendiri

b.     Mengamalkan agama sekehendak hati

c.      Memilihkan agama untuk orang lain

d.     Memeluk dan mengamalkan agama

e.     Memaksakan ajaran agamanya

12.                  Dibawah ini lima dimensi keberagamaan kecuali. . .

a.     Ideologis

b.     Ritual

c.      Spiritual

d.     Intelektual

e.     Konsekuensial

13.                  Naskah tata politik dan sosial di Madinah pada awal permulaan Islam adalah…

a.     Piagam Madinah

b.     Piagam Mekah

c.      Piagam Hudaibiyah

d.     Piagam Jakarta

e.     Piagam perjanjian Gereja St. Catherine

14.                  Naskah mengenai jaminan kebebasan beragama kepada umat kristiani di Mesir pada awal permulaan islam adalah. . .

a.     Piagam Madinah

b.     Piagam Mekah

c.      Piagam Hudaibiyah

d.     Piagam Jakarta

e.     Piagam perjanjian Gereja St. Catherine

15.                  Ashokavardana pada awal permulaan pemerintahannya adalah seorang raja yang…

a.     Adil

b.     Kejam

c.      Toleran

d.     Licik

e.     Intoleran

16.                  Ajaran Ahimsa adalah ajaran yang mengajarkan . . .

a.     Keadilan

b.     Keberanian

c.      Kebebasan

d.     Non kekerasan

e.     Intoleran

17.                  Diantara Empat Belas Batu yang berkaitan erat adalah Maklumat ke

. . .

a.     3

b.     5

c.      7

d.     9

e.     11

18.                  Dibawah ini termasuk akulturasi budaya dan agama yang mencerminkan            moderasi beragama kecuali. . .

a.     Menara Kudus

b.     Perayaan Sekatenan

c.      Perayaan Grebeg Maulud

d.     Lakon wayang Petruk jadi raja

e.     Serat Cebolek

19.                  Piagam Jakarta dirumuskan oleh panitia Sembilan pada tanggal . . .

a.     22 Juni 1945

b.     22 Juli 1945

c.      18 Agustus 1945

d.     22 Oktober 1945

e.     10 Nopember 1945

20.                  Perubahan piagam Jakarta menjado seperti rumusan sila pertama Pancasila terjadi pada tanggal . . .

a.     22 Juni 1945

b.     22 Juli 1945

c.      18 Agustus 1945

d.     22 Oktober 1945

e.     10 Nopember 1945

21.                  Berikut ini berbagai penyebab timbulnya madzhab, sekte atau aliran agama, kecuali…..

a.     Keberagaman tafsir agama

b.     Perbedaan kapasitas dan kemampuan berpikir

c.      Perbedaan prespektif

d.     Perbedaan sumber pengetahuan

e.     Perbedaan daerah

22.                  Keberagamaan generasi milenial cenderung untuk . . .

a.     Menganggap penting otoritas agama

b.     Mencari sendiri keilmuan keberagamaan mereka dari berbagai sumber

c.      Belajar agama secara terstruktur

d.     Belajar langsung dari sumber otoritatif

e.     Tidak menganggap penting agama

23.                  Seseorang memiliki pemikiran radikal atau tertarik untuk bertindak radikal karena rasa memiliki sebagai anggota kelompok termasuk pemikiran atau pemikiran yang dipengaruhi oleh faktor. . .

a.     Pendorong

b.     Personal

c.      Penarik

d.     Pendorong dan Penarik

e.     Pendorong dan Personal

24.                  Seseorang yang tidak atau belum bisa menselaraskan antara rasionalitas dalam memahami ajaran agama dan internalisasi nilai-nilai agama dalam kehidupannya, akan membuatnya menjadi orang . . .

a.     Berpikiran radikal

b.     Bertindak radikal

c.      Berpikiran dan bertindak radikal

d.     Berpikiran radikal tetapi tidak bertindak radikal

e.     Semua benar

25.                  Termasuk dari nilai-nilai keberagamaan yang mendorong moderasi beragama adalah

a.     kejujuran

b.     Berbuat baik

c.      Berjuang demi agama

d.     Keadilan

e.     Kebersamaan

26.                  Pemahaman dan kegiatan ibadah yang benar akan membentuk pribadi yang . . .

a.     Memiliki kepedulian terhadap diri

b.     Memiliki kepedulian terhadap keluarga

c.      Memiliki kepedulian terhadap masyarakat

d.     Memiliki kepedulian terhadap alam

e.     Semua benar

27.                  Kesadaran akan kebebasan beragama dan berpendapat mendorong orang untuk . . .

a.     Memaksakan ajaran agamanya

b.     Menghargai pendapat dan pilihan orang lain

c.      Menghargai kesetaraan

d.     Menjunjung tinggi keadilan

e.     Bekerjasama antar pemeluk agama

28.                  Kerukunan antar umat beragama bisa didorong dengan . . .

a.     Kerjasama antar umat beragama

b.     Mempelajari ajaran agama lain

c.      Meyakini kebenaran ajaran agama

d.     Menyebarkan ajaran agama

e.     Kerjasama antar umat seiman

29.                  Pemahaman akan simbol-simbol agama lain menjadi hal penting untuk. . .

a.     Tidak terpengaruh agama lain

b.     Menjalin kerjasama antar umat beragama

c.      Menghindarkan penistaan agama

d.     Kajian perbandingan agama

e.     Meningkatkan pemahaman agama

30.                   Berikut ini adalah pilar-pilar utama dalam mendorong kerukunan umat  beragama, kecuali . . .

a.     Peningkatan kerjasama di bidang pendidikan

b.     Peningkatan kerjasama di bidang sosial

c.      Peningkatan pemahaman keberagaman yang moderat

d.     Meningkatkan kajian akademik

e.     Menyediakan guru-guru agama yang moderat

 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Sasaran dan Komposisi Soal Asesmen Kompetensi AKGTK Madrasah Tahun 2024 Sesuai Juknis Dirjen Pendis Nomor 1176 Tahun 2024

  Berdasarkan Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama Republik Indonesia Nomor 1176 Tahun 2024 tentang petunjuk tekni...